Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan bahwa penyelenggaraan pameran tahunan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) merupakan bentuk dukungan dan apresiasi untuk produsen kendaraan listrik serta komponen pendukungnya atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini.

Untuk tahun ini, IEMS yang mengusung temas "Advance Technology Energy Storage for Electric Vehicle" dijadwalkan digelar pada 20-23 September 2023 di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

"IEMS 2023 merupakan perhelatan tahunan yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai momen memperlihatkan berbagai riset, inovasi dan teknologi tentang kemajuan kendaraan listrik di Indonesia," ujar BRIN Laksana Tri Handoko dalam pernyataan persnya, Selasa.

Baca juga: BRIN akan fokus untuk kuasai teknologi kunci mobil listirk
Indonesia Electric Motor Show (IEMS) kembali hadir pada tanggal 20-23 September 2023 di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor. (ANTARA/ HO)


Pertama kali digelar pada 2019 di Balai Kartini Jakarta, dilanjutkan dengan IEMS 2021 di BRIN Serpong, dan IEMS 2022 di JCC, telah sukses sukses menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle di Indonesia.

IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrik dan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia.

Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan di antaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik. Untuk tahun ini, IEMS menjadi bagian dari salah satu event besar yang digelar BRIN, yaitu Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2023.

InaRI Expo 2023 akan diintegrasikan dengan sejumlah event besar, seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research and Innovation Fair (IRIF), dan Halal Tech Expo 2023, yang digelar ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pada 20-23 September 2023.

"IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan kami bersama stakeholders sekaligus apresiasi kepada produsen kendaraan listrik, serta perusahaan komponen pendukung atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini," katanya menegaskan.

Kegiatan ini dikatakan Laksana juga akan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang inovasi dan teknologi kendaraan listrik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara.

Baca juga: Moeldoko minta BRIN riset komponen mobil listrik yang masih diimpor

Baca juga: BRIN kembangkan mobil listrik tanpa pengemudi
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023