Jakarta (ANTARA) - Ahli Teknik PT Industri Karet Deli (IKD), Joni Tanto mengatakan bahwa penggunaan ban untuk motor listrik harus memiliki karakteristik khusus guna memberikan umur pakai yang panjang.

"Dari karakteristik motor listrik itu sendiri ya. Sebenarnya ada 2 poin penting, dari berat motor itu sendiri. Karena berat baterai itu kan lebih gede dibandingkan yang motor-motor konvensional baru dari torsi motor itu sendiri," kata Joni Tanto di Jakarta, Selasa (1/8).

Menurut dia, torsi motor listrik yang jauh berbeda dengan motor-motor konvensional memang membutuhkan spesifikasi ban tersendiri agar ke depannya tidak cepat habis dimakan permukaan jalan.

Baca juga: PT IKD hadirkan ban Swallow Voltrax khusus untuk motor listrik

Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan Swallow Vortax yang memang diformulasikan khusus bagi kendaraan-kendaraan berbasis baterai atau kendaraan elektrik di segmen roda dua.

"Torsi motor listrik itu kan langsung ke ban. Kalau yang konvensional itu kan dia melalui rantai, jadi dia nggak langsung terlalu gede kan, beda dengan listrik torsinya pasti besar. Maka dari itu kita buat ban yang khusus untuk motor listrik," ucap dia.

Besarnya torsi dari sebuah kendaraan, baik dari kendaraan konvensional atau motor elektrik adalah akan memengaruhi umur pakai ban. Hal itu karena terjadinya kikisan lapisan yang menyebabkan ban cepat haus.

"Pengikisan ban itu lebih banyak, jadi lebih cepat aus. Terus yang kedua torsi gede ini pengaruhnya apalagi, ke traksi, kalau kita tidak buat badan khusus mungkin terjadi selip antara ban dengan jalanan," jelas dia.

Baca juga: Risiko ban dengan tekanan angin yang tidak sesuai

Setelah permukaan ban sesuai untuk kendaraan listrik, pihaknya lanjut memikirkan formula untuk ban yang mampu menopang beban dari baterai dan komponen lainnya. Ban yang sesuai untuk kendaraan listrik, diklaim oleh dia akan mampu memberikan dampak penghematan baterai dari kendaraan itu.

"Baru yang baterai yang berat ini kan yang memengaruhi ke penggunaan penggunaan baterai itu sendiri lah. Kalau enggak di ditopang oleh ban khusus pada motor listrik ini jadi mungkin agak boros," tutur dia.

Saat ini, PT IKD sudah menghadirkan ban yang dikhususkan untuk kendaraan berbasis baterai di segmen roda dua melalui Swallow Voltrax yang sudah bisa didapatkan melalui distributor resmi IKD di Indonesia.

Baca juga: Planet Ban luncurkan kampanye #SegarinMotor bersama 50 ojol
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023