Jakarta (ANTARA) - PT Oddy Oto Inovasi (Planet Aja), perusahaan teknologi afiliasi Planet Ban, meluncurkan platform digital berbasis web yang memungkinkan para pemilik sepeda motor untuk menjual motor bekas dalam waktu satu jam.

Melalui planetaja.com, pemilik motor bisa memasukkan data motor bekas yang ingin dijual untuk mendapatkan estimasi harga jual dan menjadwalkan inspeksi, kemudian mereka dapat membawa unit motor tersebut ke toko Planet Ban yang sudah dipilih untuk proses inspeksi dan menjual motornya.

”Planetaja.com hadir untuk menjadi solusi bagi para pemilik sepeda motor yang ingin menjual motor bekas miliknya tanpa perlu repot," kata Chief Executive Officer Planet Aja Rendy Nasa Patriot dalam siaran resmi, Rabu.

Baca juga: JBA catat peserta lelang kendaraan bekas naik awal 2021

Dia mengklaim Planet Aja akan menghadirkan pengalaman menjual motor bekas instan yang praktis dan memberikan harga jual terbaik sesuai kondisi motor di mana proses jual motor ini hanya memakan waktu 1 satu jam.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat hingga Oktober 2022, distribusi penjualan sepeda motor domestik telah mencapai lebih dari 4 juta unit.

Setelah mendapatkan estimasi harga jual awal, pemilik motor langsung diarahkan untuk menjadwalkan inspeksi. Selanjutnya, mereka dapat mengunjungi lokasi toko Planet Ban yang sudah dipilih untuk proses inspeksi dan jual.

Motor akan dicek oleh para inspektor profesional Planet Ban, proses inspeksi ini cukup penting agar penjual mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kondisi motornya. Kemudian Planet Aja akan menawarkan unit motor milik konsumen kepada puluhan mitra dealer melalui aplikasi khusus. Setelah terjadi kesepakatan harga, dana akan masuk ke rekening penjual dalam waktu kurang dari lima saja. Keseluruhan proses ini diklaim akan selesai dalam waktu 1 jam.

Sejak beroperasi pada Juli 2022, layanan jual motor instan planetaja.com hadir melayani pelanggan melalui 25 toko Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok.

Rendy mengatakan selama empat bulan uji coba, platform itu telah membantu lebih dari 150 konsumen dari wilayah JaDeTaBek.

"Hampir 85 persen dari seluruh transaksi kami, konsumen berhasil mendapatkan penawaran harga jual motor yang sesuai bahkan lebih tinggi dari harga estimasi awal melalui fitur Price Engine kami," ujar dia.

Baca juga: OTOMOTO luncurkan aplikasi jual beli motor berfitur Price Engine dan Smart Inspection

Baca juga: Adira kenalkan fasilitas jual beli online motor bekas

Baca juga: Moladin, cara cerdas jual-beli sepeda motor
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022