Balikpapan (ANTARA News) -  Daihatsu menargetkan penjualan mobil hingga 200.000 unit untuk tahun 2013 ini setelah sukses memasarkan 163.000 unit.

"Angka itu memang cukup tinggi," kata Suparno Djasmin, Chief Executive Officer PT Astra Internasional-Daihatsu Sales Operation (CEO-DSO) di Balikpapan, Selasa.

Djasmin hadir dalam acara peresmian ruang pamer dan bengkel Daihatsu yang dikelola PT Serba Mulia Auto di Jalan Jenderal Sutojo S, Gunung Malang, Balikpapan.

Disebutkan bahwa penjualan 200.000 unit itu termasuk juga ekspor ke manca negara, termasuk Jepang sendiri.

Mobil kompak Daihatsu Ayla akan menjadi salah satu andalan selain Xenia, Terios, dan Luxio.

Ayla adalah produk otomotif pertama yang desainnya dibuat oleh karyawan Astra-Daihatsu sendiri yang bernama Mark Widjaja yang mengalahkan desainer dari Itali, Perancis, dan Jepang.

Untuk memulai penjualan Ayla, menurut Djasmin, pihaknya masih menunggu peraturan pemerintah mengenai mobil murah hemat bahan bakar tersebut, aturan yang menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat tinggal menunggu tanda tangan Presiden SBY.

Ruang pamer dan bengkel Serba Mulia yang baru diresmikan juga bagian dari penyuksesan target penjualan tersebut.

Melalui main dealer AI-DSO dan sejumlah dealer lainnya, Daihatsu terus memperluas jaringan outlet serta meningkatkan kualitasnya melalui program standardisasi outlet.

"Saat ini jumlah outlet Daihatsu mencapai 196 outlet, terdiri dari 111 outlet VSP (Vehicle, Service, Parts) dan 85 outlet V (Vehicle) tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Djasmin.

Di tahun 2012, Daihatsu mendapatkan penghargaan JD Power Asia Pacific dengan menduduki Ranking 1 Sales Satisfaction Index (indeks kepuasan pelanggan saat melakukan transaksi pembelian kendaraan).

Djasmin juga optimistis menghadapi persaingan, dimana pasar penuh dengan merek-merek mobil lima penumpang.

Saat ini, Astra Daihatsu sedang menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun. Pabrik ini diharapkan bisa segera berproduksi pada kuartal pertama tahun 2013 ini.

Pabrik baru di Karawang ini akan meningkatkan kapasitas produksi secara bertahap menjadi 460.000 unit per tahun sekaligus menjadikan Astra Daihatsu Motors sebagai produsen mobil terbesar di Tanah Air.

Pabrik ini akan dilengkapi dengan fasilitas penelitian dan pengembangan (research and development). (*)
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013