Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford menemukan permasalahan terhadap kait pintu dari Ford Escape tahun 2020-2021 yang mengharuskan untuk ditindak lanjuti sebagai bagian keselamatan untuk pemiliknya.

CarsCoops pada Senin mengabarkan bahwa kejadian ini sudah dikeluhkan oleh lebih dari 100 konsumen dan sudah diajukan ke pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Dari 100 laporan, terdapat 25 konsumen yang melapor bahwa mereka mengalami luka ringan akibat las-lasan yang buruk dan memungkinkan pintu kendaraan terbuka secara tidak terduga.

Office of Defect Investigations (ODI) NHTSA telah membuka "Evaluasi Awal" atas dugaan masalah tersebut setelah menerima 118 keluhan terkait Ford Escape 2020-2021. Secara keseluruhan, potensi cacat dapat mempengaruhi sebanyak 346.071 unit kendaraan.

Menurut ODI, kebanyakan laporan dari pelanggan adalah adanya kegagalan pada sambungan braket di bagian pintu depan kendaraan Escape tertentu. Kejadian itu muncul dengan sendirinya dan mereka juga mendengar terdapat sedikit suara yang asing ketika mereka membuka pintu.

Sehingga, kejadian tersebut kadang membuat pintu tidak terkunci dengan benar dan mungkin membuatnya sulit dibuka atau justru sebaliknya, pintu akan terbuka secara tiba-tiba pada saat kendaraan sedang berjalan.

ODI mengatakan sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan beberapa wawancara terhadap konsumen sebagai bagian dari evaluasi awal, dari investigasi awal ini mereka menerima 25 laporan cedera ringan dan satu laporan kerusakan properti ringan akibat kesalahan ini.

Investigasi pendahuluan ini bukan penarikan kembali (recall), namun merupakan langkah awal dalam proses yang dapat menyebabkan penarikan kembali jika NHTSA menentukan adanya risiko yang tidak wajar terhadap keselamatan konsumen.






 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023