Jakarta (ANTARA News) - Ford menjual lebih dari 2,4 juta mobil tahun ini dan berharap mempertahankan gelar untuk 2013 melebihi Toyota sebagai merek kendaraan terlaris di Amerika Utara.

Menurut USAtoday, produsen mobil yang berbasis di Dearborn itu berharap untuk memperluas keunggulannya dengan rekor penjualan Fusion, Escape, Fiesta, dan Focus sebanyak tiga kali lipat dari penjualan hybrid pada 2013.

Ford juga memiliki kendaraan penjualan tunggal terbaik di AS dengan pickup F-Series, dimana penjualannya dengan mudah melewati 700 ribu unit tahun ini, yang didorong oleh peningkatan ekonomi dengan awal perumahan lebih banyak dan konstruksi komersial yang meningkat.

Pada 2012, pembeli mobil Ford di AS lebih banyak 326.677 dari pada Toyota. Sementara penjualan Desember tidak akan dirilis hingga Jumat, Ford berharap dapat memimpin dengan angka yang lebih besar. Sedangkan selama November, Ford menjual 396.041 lebih banyak kendaraan dari pada Toyota.

"Kabar besarnya adalah kami tidak terlalu bergantung pada satu segmen, kami melihat angka pertumbuhan dua digit pada mobil, truk dan kendaraan utilitas," kata John Felice, wakil presiden Ford untuk pemasaran, penjualan, dan layanan purna jual AS.

Produsen mobil Detroit biasanya secara tradisional memiliki angka penjualan armada yang lebih besar dari pada pesaing asal Jepang, namun Ford menyatakan penjualan ritel naik 15 persen tahun ini, lebih baik dari pada kompetitor selama periode yang sama.

Total penjualan Ford naik 12 persen, termasuk armada penjualan. Tapi eksekutif Toyota awal bulan ini mengatakan divisi Toyota harus mengakhiri tahun ini dengan penjualan ritel tinggi.

Keuntungan yang paling signifikan Ford berasal dari dominasi pasar impor pesisir, kata Felice.

Untuk memenuhi permintaan untuk Fusion, Ford menambahkan produksi di perusahaan Flat Rock, Michigan.

Total penjualan Fusion diharapkan melebihi 290 ribu pada 2013, namun masih kalah dari Camry yang telah terjual hampir 379 ribu hingga November.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013