Jakarta (ANTARA) - CEO Tesla Elon Musk memprediksi bahwa fitur Full Self Driving (FSD), sistem pengendaraan otonom, level 4 atau 5 akan hadir pada kendaraan Tesla akhir tahun ini.

Laman Carscoops, Sabtu (8/7), melaporkan Elon Musk memberikan pernyataan soal sistem pengendaraan otonom tersebut saat menghadiri Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia di Shanghai, China, secara virtual. Dia berkomentar bagaimana Tesla mendekati AI dan kemajuan yang dibuatnya terkait teknologi mengemudi otonom.

“Soal di mana Tesla berada pada tahap ini, saya pikir kami sangat dekat untuk mencapai Full Self Driving tanpa pengawasan manusia. Ini hanya spekulasi, tapi saya pikir kami akan mencapai itu, mungkin apa yang Anda sebut empat atau lima, saya kira akhir tahun ini,” kata Elon Musk.

Meskipun masih bersifat spekulasi, rencana Elon Musk itu dianggap sebagai aspirasi yang sangat besar. Sistem pengendaraan otonom level empat menawarkan kemampuan untuk benar-benar terputus dari tugas mengemudi.

Bahkan, Full Self-Driving itu pun diklaim dapat menangani semua situasi, meskipun kendaraan tetap memiliki kontrol fisik dan pengemudi dapat mengambil alih kapan pun mereka mau. Sementara Full Self Driving terbukti cukup mengesankan, pengendaraan semacam itu belum ada hingga hari ini.

Jika Tesla benar-benar menerapkan sistem pengendaraan otonom level empat atau level lima tahun ini, itu akan sangat mengejutkan industri.

Baca juga: Lagi, Tesla pecahkan rekor pengiriman kendaraan karena diskon

Baca juga: Mercedes-Benz mengadopsi pengisian daya baterai NACS dari Tesla

Baca juga: BYD: fitur otonom mustahil untuk diterapkan

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023