Jakarta (ANTARA) - Produsen sportscar asal Italia, Ferrari secara resmi membuka pameran Ferrari Classiche sebuah dedikasi untuk kendaraan klasik Ferrari yang berlangsung di showroom Ferrari di Proklamasi, Jakarta Pusat.

General Manager PT Eurokars Prima Utama, Nini Chiandra mengatakan bahwa pameran ini sekaligus ingin memberikan informasi terhadap seluruh mobil Ferrari (road cars, sports cars, dan mobil prototype) yang telah berumur lebih dari 20 tahun memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh departemen Ferrari Classiche di Maranello.

"Setiap Ferrari yang pernah dibuat sangatlah unik. Untuk itu melalui pameran ini kami memperkenalkan program Ferrari Classiche Certification yang spesial ini, dimana kami dapat memastikan bahwa Ferrari vintage yang dimiliki oleh customer kami memiliki kondisi yang optimal dan orisinal seperti pada saat mobil tersebut diproduksi," kata Nini Chiandra dalam keterangan resminya, Kamis.

Baca juga: Modifikator Vietnam bangun replika Ferrari dengan mesin Toyota

Semua data mobil Ferrari yang pernah diproduksi di Maranello, termasuk konfigurasi personalisasi saat mobil tersebut pertama dipesan, tercatat dengan rapi pada arsip penyimpanan data yang dimiliki oleh Ferrari.

Hal ini memungkinkan Ferrari untuk memastikan kesesuaian mobil yang dimiliki oleh customer dengan desain asli yang pertama kali dibuat pada saat mobil tersebut telah berusia lebih dari 20 tahun dan tiba waktunya untuk restorasi di Ferrari Classiche.

PT Eurokars Prima Utama, yang berperan sebagai importir dan distributor eksklusif Ferrari di Indonesia, dapat melakukan pemeliharaan dan juga proses sertifikasi mobil-mobil klasik Ferrari yang telah berumur lebih dari 20 tahun, sehingga para pemilik mobil tersebut mendapatkan Certificate of Authenticity Ferrari Classiche langsung dari Maranello.
pameran Ferrari Classiche yang berlangsung di dealer Ferrari, Proklamasi, Jakarta Pusat. (ANTARA/Chairul Rohman)


Program spesial yang ditawarkan Ferrari ini sangat penting bagi pemilik mobil. Selain melindungi sejarah tak ternilai yang dimiliki setiap mobil, sertifikasi ini juga meningkatkan nilai mobil tersebut dan juga memberikan akses khusus bagi sang pemilik mobil untuk mengikuti berbagai acara khusus dunia Classiche yang diadakan oleh Ferrari.

Pengunjung pada pameran Ferrari Classiche akan dibawa untuk melihat berbagai proses menarik perawatan dan restorasi yang dilakukan di bengkel Ferrari Classiche di Maranello.

Proses-proses yang membawa mobil dari segala usia kembali kepada keindahan aslinya, yang dibangun atas keahlian, dedikasi, tradisi, dan inovasi yang memang sudah melekat pada merek Ferrari.

Dalam pameran ini, pengunjung akan disuguhkan dengan dua kendaraan klasik Ferrari seperti Ferrari 308 GTB Vetroresina dan Dino 308 GT4. Ferrari Dino 308 GT4 adalah sebuah coupé dengan konfigurasi kursi 2+2 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973 pada Paris Motor Show.

Didesain dengan kolaborasi bersama dengan Bertone, mobil ini menjadi sangat fenomenal sewaktu diluncurkan, karena menjadi Ferrari pertama yang bermesin mid-back V8 berkapasitas 2.927 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 255hp.

Sedangkan Ferrari 308 GTB Vetroresina merupakan mobil dengan konfigurasi two-seater yang diproduksi antara tahun 1975-1977, hasil kerjasama dengan Pininfarina design oleh Scaglietti.

Untuk diketahui bersama, hanya ada kurang dari 1.000 unit Ferrari 308 GTB Vetroresina yang pernah diproduksi di dunia, sehingga membuat Ferrari ini menjadi mobil yang sangat langka dan istimewa.

Baca juga: Ferrari akan rampungkan fasilitas kendaraan listrik

Baca juga: Ferrari diklaim lebih berharga dari gabungan 14 merek mobil

Baca juga: Ferrari tarik kembali 425 unit model hybrid 296 GTB dan 296 GTS
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023