Jakarta (ANTARA News) - Menurut sebuah kajian terbaru perusahaan riset otomotif Polk, California merupakan pasar penyerap terbesar mobil hybrid di AS.

Penelitian itu juga mengungkapkan pangsa pasar mobil hibrida di AS kurang dari 3 persen dari seluruh penjualan mobil di AS dan California adalah pemimpin di segmen tersebut.  

California memiliki 9 dari 15 model hibrida di AS atau menguasai hampir 30 persen penjualan hibrida di AS, sementara San Francisco dan Los Angeles menyumbang hampir seperempat dari semua penjualan mobil listrik. 

Data menunjukkan penjualan mobil hibrida di Tulsa hanya 0,58, situasi yang sama terlihat di Lafayette dan Shreveport, La, Corpus Christi, Texas, Wheeling, W.Va., dan Minot. 

Polk juga memprediksi bahwa penjualan mobil ringan meningkat 6.6 persen pada 2013, mencapai 15,3 juta kendaraan dan 16,2 juta pada 2015 dipimpin oleh meningkatnya permintaan model terbaru pada 2013.  

Menurut Polk, 43 model baru dan 60 model desain ulang akan diperkenalkan tahun ini, meningkat 50 persen dibandingkan dengan 2012 seperti dikutip inautonews pada Minggu (6/1).

(adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013