Jakarta (ANTARA) - Volkswagen sedang bersiap untuk meluncurkan tiga SUV listrik baru di bawah strategi model ID yang direvisi baru-baru ini oleh CEO Thomas Schäfer.

Laman autocar.co.uk pada Selasa (2/5) melaporkan ketiga SUV baru ini dirancang pembuat mobil asal Jerman untuk menyebarkan model listrik yang lebih luas di segmen pasar utama Eropa.

Melalui fondasi Volkswagen ID 4 dan Volkswagen ID 5, keduanya akan ditingkatkan dengan opsi drivetrain elektrik yang lebih bertenaga pada akhir tahun ini, sebelum menerima facelift dan fungsi interior digital yang lebih kontemporer pada awal 2024.

Termasuk dalam rencana SUV listrik Volkswagen adalah sepasang crossover baru yang laris, satu berukuran sedang dan yang lainnya jauh lebih kecil.

Baca juga: VW dan BMW kucurkan modal habis-habisan demi saingi Tesla

Adapun keduanya ditujukan untuk segmen volume tradisional, ditambah varian atas yang mewah dan sangat canggih yang akan berfungsi sebagai model baru untuk jajaran EV seluruhnya.

Volkswagen Tiguan baru juga dikabarkan akan menerima elektrifikasi yang digambarkan memiliki desain eksterior lebih tradisional dan tegak daripada ID 4 dan ID 5, yang direncanakan untuk diperkenalkan pada tahun 2025.

Meski model baru ini masih dirahasiakan, diharapkan juga menawarkan pilihan penggerak roda belakang dan penggerak AWD dengan tata letak interior standar lima kursi dan opsional tujuh kursi.

Basis dari SUV listrik kelas menengah Volkswagen yang akan datang adalah arsitektur MEB+ baru, yakni versi pengembangan lebih lanjut dari struktur MEB saat ini yang diumumkan oleh Schäfer pada tahun 2022.

“MEB masih memiliki banyak potensi. Tujuan kami adalah untuk membawa platform ini ke level berikutnya,” kata Schäfer.

“Untuk mencapai ini, kami berinvestasi secara substansial dalam meningkatkannya. Dengan MEB+, kami akan berada dalam posisi yang sangat baik untuk tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Di antara perkembangan utama yang direncanakan untuk MEB+ adalah adopsi teknologi sel baterai terpadu baru, yang telah dikonfirmasi oleh Volkswagen akan diperkenalkan pada tahun 2025.

Ini sekaligus menunjukkan bahwa Tiguan listrik tidak akan diluncurkan sebelum pertengahan dekade ini.

Baca juga: BYD kalahkan Volkswagen sebagai merek mobil terlaris di China

Baca juga: Lima jenama siap debut dan curi perhatian di Shanghai Auto Show 2023

Baca juga: Volkswagen janjikan Multivan California tahun ini
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023