Jakarta (ANTARA News) - Produsen kendaraan Ford Motor Co. meraih posisi pertama penjualan mobil di AS dengan memasarkan dua juta mobil sepanjang 2012 dan mobil compact-nya terlaris di dunia pada September.

Analis penjualan Ford, Erich Merkle seperti dilansir Bloomberg mengatakan, Ford akan menjadi satu-satunya pabrikan yang meraih angka penjualan 2,2 juta unit, naik dari penjualan tahun 2011 sebanyak 2,1 juta unit.

CEO Ford, Alan Mulally, berusaha mendongkrak keuntungan dengan menjual model yang sama secara global dibanding meluncurkan model-model berbeda di setiap regional.

Langkah Mulally itu membawa Ford membukukan pendapatan 4,07 miliar dolar AS hingga September 2012 dan lepas dari kerugian tahun sebelumnya.

"Sejak tiga tahun lalu, kami telah membawa kendaraan-kendaraan secara global. Dan penjualan itu sangat baik di AS dengan (penjualan) Focus mencapai 40 persen tahun ini," kata Merkle.

"Focus dan Fiesta mewakili (penjualan) yang terbaik dari rencana One Ford kami. Dalam tiga tahun, kami telah mengubah jajaran mobil-mobil kecil kami," kata Pimpinan Penjualan dan Pemasaran Global Ford, Jim Farley.

(I026)
Penerjemah: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2012