Jakarta (ANTARA News) - PT Yahama Indonesia Manufacturing Motor (YIMM) memiliki dua pabrik yang mampu memproduksi empat juta unit motor pertahunnya. Kedua pabrik YIMM itu berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur dan Karawang, Jabar.

Pabrik YIMM di Pulo Gadung untuk memproduksi model-model sport Yamaha seperti Vixion, Byson sedangkan pabrik YIMM di Karawang untuk memproduksi model-model low-end seperti Mio J, Soul GT dan varian Jupiter.

"Kapasitas produksi pabrik di Pulo Gadung sebanyak 1.5 juta unit pertahunnya sedangkan pabrik Karawang bisa mencapai 2.5 juta unit," kata Direktur Pemasaran PT. YIMM Sutarya disela-sela kunjungan ke pabrik YIMM di Karawang pada Jumat (14/12).

Pabrik itu memiliki luas 35.6 hektar dengan luas bangunan 19.5 hektar. Pekerjanya sebanyak 5.557 orang yang dibagi kedalam dua shift. Hasil produksi pabrik YIMM juga ada yang diekspor ke 14 negara dunia termasuk Meksiko. Semua bahan material sepeda motor sudah menggunakan komponen lokal.

"Komponen lokalnya sebesar 95 persen. Pokoknya Indonesia banget," katanya.

PT YMMWJ mulai berproduksi pada Januari 2006 dan grand opening diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 Januari 2006.Sejak produksi pertama kali, PT YMMWJ telah memproduksi 8.669.580 unit motor (bebek dan matik).
(adm) 
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012