Jakarta (ANTARA) - Permintaan kendaraan di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta terus meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, hingga pertengahan Ramadhan ini, penjualan kendaraan seperti mobil hingga aksesori kendaraan melonjak hingga 70 persen.

“Apalagi menjelang musim mudik ini. Jelang Lebaran, permintaan kendaraan di Pasar Mobil Kemayoran terus naik,” kata General Manager Pusat Mobil Kemayoran Subiyantoro dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Subiyantoro mengatakan jenis kendaraan yang mengalami peningkatan permintaan adalah mobil keluarga seperti segmen multi purpose vehicle (MPV).

Pasar Mobil Kemayoran merupakan unit bisnis dari Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran. Saat ini terdapat sekitar 200 showroom jual-beli mobil yang mampu menampung lebih dari 2.000 unit mobil, 700 toko aksesori, serta bengkel untuk perbaikan mobil maupun sepeda motor.

Baca juga: Caroline.id buka dua showroom terbaru di kawasan Jawa Barat

Subiyantoro menekankan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan layanan di Pasar Mobil Kemayoran yang dikelola PPK. Sebagai pengelola, PPK Kemayoran kini sedang melakukan revitalisasi seperti perbaikan jalan, tempat penampungan sampah hingga perbaikan saluran air.

Selain menjadi pusat penjualan mobil, PMK juga dilengkapi dengan berbagai layanan bengkel maupun penjualan suku cadang dan aksesori.

Adapun peningkatan perawatan kendaraan yang banyak dilakukan jelang Lebaran di antaranya perbaikan aki dan mesin, ganti oli, cek air radiator, tekanan ban, kampas rem, hingga pendingin Air Conditioner.

David, pemilik salah satu showroom mobil di PMK mengatakan sejak memasuki bulan Ramadhan, peningkatan konsumen di PMK sudah terasa.

Baca juga: Honda kenalkan Certified Used Car, mudahkan konsumen beli mobil bekas

Dia memperkirakan lonjakan permintaan kendaraan selama bulan Ramadhan hingga puncak mudik nanti bisa mencapai 50-70 persen dibanding pada hari-hari biasa.

Sementara itu menurut Iwan, salah satu penjual aksesori kendaraan di PMK, permintaan box DVD audio juga naik tajam karena pemudik umumnya butuh hiburan untuk perjalanan jauh.

“Selain aksesori audio, permintaan yang tak kalah banyak adalah pergantian jok hingga penambahan bagasi di atap kendaraan,” ujarnya.

Bagi pengunjung yang ingin berbelanja langsung, Pasar Mobil Kemayoran buka mulai pukul 09.00 WIB hingga18.00 WIB. Berbagai fasilitas tersedia bagi konsumen seperti masjid, toilet dan keamanan 24 jam.

Baca juga: Cek transmisi dahulu, beli kendaraan bekas kemudian
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023