Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengaku pernah mencoba untuk mengajak PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk bergabung menjadi anggota aktif dari Gaikindo, meski belum mendapat respon positif.

"Saya sudah approach juga untuk jadi anggota, sudah lama. Tapi belum ada respon positif untuk jadi anggota Gaikindo dari mereka," kata Nangoi di Jakarta, Kamis.

Nangoi belum bisa berbicara banyak mengenai masa depan dari perusahaan otomotif asal lokal yang sempat mengejutkan pasar otomotif Indonesia pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu.

Meski begitu, pada ajang pameran GJAW x Lifestyle dipastikan bahwa Esemka tidak akan mengikuti ajang pameran tersebut. Hal itu dikarenakan Esemka belum menjadi member aktif dari Gaikindo.

"Pameran ini diselenggarakan oleh Gaikindo, kami sangat mengutamakan anggota kami. Sampai saat ini, Esemka belum jadi anggota kami. Kalau Esemka jadi anggota kami, bisa kami usahakan," jelas dia.

Kehadiran Esemka sempat mengejutkan masyarakat saat mengikuti ajang pameran IIMS 2023 dengan memperkenalkan prototipe Esemka Bima EV yang terdiri dari varian van pengangkut barang (Cargo Van) dan van untuk penumpang (Passenger Van).

Kedua kendaraan ramah lingkungan ini memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Sedangkan untuk Esemka Bima EV Passenger Van, diklaim mampu menampung hingga 11 penumpang dan Bima EV Cargo Van memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik "Permanent Magnet Synchronous Motor" yang mampu menghasilkan daya hingga 75 kilowatt dan torsi maksimal 165 newton meter. Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi "1st reduce gear".

Selain itu Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dan 350,4 V yang didukung sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.

Baca juga: Gaikindo harap GJAW x Lifestyle 2023 tingkatkan penjualan otomotif

Baca juga: Gaikindo sajikan konsep baru dalam pameran otomotif melalui GJAW 2023

Baca juga: GJAW 2023 padukan industri otomotif dan lifestyle


 
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023