Jakarta Raya (ANTARA) - Perusahaan baterai China Contemporary Amperex Technology Limited (CATL) menawarkan potongan harga kepada produsen mobil listrik Tesla, Nio dan Volkswagen untuk pembelian paket baterai secara masif menyusul penurunan harga lithium secara global.

Reuters mewartakan pada Sabtu, CATL juga berharap potongan harga yang diberikan kepada pabrikan EV itu dapat meningkatkan angka pemesanan baterai yang sempat menurun.

CATL yang menguasai 37 persen pasar baterai global pada tahun lalu menyatakan bahwa baterai merupakan komponen termahal dalam kendaraan listrik. Dengan demikian, diskon harga baterai diharapkan dapat menurunkan biaya produksi para pabrikan mobil.

Tesla, Nio dan Volkswagen merupakan konsumen utama dari CATL yang akan mendapat potongan harga baterai tersebut.

Di sisi lain, CATL tidak merinci besaran diskon yang diberikan. Namun seorang sumber menyatakan bahwa CATL memberikan potongan harga 7 persen.

CATL juga bernegosiasi dengan pemasok bahan baku baterai agar mau bersama-sama menurunkan harga karena banderol baterai mengalami penurunan 30 persen dari 597.500 yuan per ton pada November 2022 menjadi 425.000 yuan per ton pada tahun ini.

Baca juga: Raksasa baterai lithium-ion China bangun pabrik pertama di luar negeri

Baca juga: Baterai kendaraan listrik China mampu tempuh 1.000 km sekali isi daya

Baca juga: Kia pilih CATL sebagai pemasok baterai kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023