Jakarta (ANTARA) - Baterai Tianxing-B (Tectrans B) baru keluaran Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL) punya masa pakai hingga 15 tahun dan 1,5 juta kilometer (km) menurut perusahaan.

Siaran Car News China pada Senin (16/9) menyebutkan, baterai yang secara khusus dikembangkan untuk bus listrik itu memiliki kepadatan energi 175 Wh/kg, yang menurut klaim perusahaan merupakan kepadatan energi tertinggi di industri bus.

Selain itu, produk baterai baru dari CATL dapat bertahan di dalam air hingga 72 jam berkat peringkat kedap air IP69​​​​​​.​​​​​

CATL dalam konferensi daring pada Jumat (13/9) malam menyampaikan bahwa Tianxing-B akan memiliki garansi selama 10 tahun atau 1 juta kilometer (620.000 mil).

Perusahaan berencana menggunakan baterai Tianxing-B baru pada 80 model bus berbeda dan telah menjalin kemitraan dengan 13 pelanggan, termasuk Dongfeng, Golden Dragon, dan Yutong Bus.

Baca juga: CATL dan Beijing Hyundai kerja sama kembangkan baterai EV

Baca juga: Stellantis gandeng CATL untuk siapkan pabrik baterai EV di Eropa


Karena CATL menggunakan nama bahasa Inggris yang berbeda untuk baterai Tianxing-B, kadang-kadang produk ini disebut sebagai Tianxing Bus Edition atau Tianxing B-series.

Merek itu sebelumnya disebut Tianxing, tetapi pada acara peluncuran produk di Jerman baru-baru ini CATL menyebutnya Tectrans.

Tianxing adalah merek CATL untuk baterai kendaraan elektrik yang didedikasikan untuk kendaraan komersial. 

Produk pertama di bawah merek Tianxing adalah baterai Tianxing-L yang didedikasikan untuk kendaraan komersial ringan.

Tianxing-L edisi jarak jauh menawarkan kapasitas 200 kWh, kepadatan energi 200 Wh/kg, dan garansi delapan tahun atau 800 ribu km.

CATL menguasai hampir 50 persen pangsa pasar dalam penjualan baterai kendaraan elektrik selama Januari-Agustus 2024 di China.

Perusahaan baterai China itu menyatakan bahwa baterai mereka telah digunakan untuk memberi daya lebih dari 385.000 bus di seluruh dunia.

CATL mengumumkan bahwa produksi massal baterai Tianxing-B akan segera dimulai, tetapi tidak menyampaikan informasi detail tambahan mengenai hal itu.

Baca juga: Raksasa baterai asal China CATL mulai pembangunan pabrik di Beijing

Baca juga: BYD dan CATL akan rilis baterai dengan pengisian daya super cepat 6C

 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024