Jakarta (ANTARA) - Hankook Tire mencatat penjualan global pada 2022 mencapai 8.394,2 miliar won Korea Selatan atau naik sebesar 17,5 persen year-on-year (YoY), menjadikannya rekor tertinggi sepanjang masa yang diraih produsen ban asal Korea Selatan itu.

Mengutip keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis, Hankook juga membukukan laba operasional perusahaan yang menembus 705,7 miliar won Korea Selatan atau meningkat sebesar 9,9 persen secara tahunan.

Menurut Hankook, rekor peningkatan penjualan didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga di tengah kondisi ekonomi global.

Peningkatan laba juga didorong stabilitas biaya bahan baku dan logistik pada paruh kedua tahun 2022, ditambah menguatnya nilai mata uang dan meningkatnya permintaan ban original equipment (OE).

Hankook mencatat bahwa kenaikan penjualan disumbang paling banyak dari penjualan ban berdiameter besar. Menurut perusahaan, penjualan global ban mobil penumpang berukuran 18 inci atau lebih yang berkontribusi 40,8 persen dari total penjualan ban mobil penumpang Hankoook.

Khusus untuk ban mobil penumpang 18 inci atau lebih, Hankook mengalami pertumbuhan terbesar di pasar Tiongkok dengan peningkatan 12,4 persen YoY. Pertumbuhan itu diikuti oleh pasar Korea Selatan (5,7 persen YoY), Eropa (3,4 persen YoY), dan pasar Amerika Utara (2,5 persen YoY).

Sementara itu pada tahun ini, Hankook menargetkan pertumbuhan penjualan lebih dari 5 persen YoY. Produsen ban ini juga akan meningkatkan jumlah ban berukuran besar di antara total penjualan ban mobil penumpang menjadi 45 persen.

Selain itu, perusahaan juga berupaya untuk meningkatkan jumlah pasokan original equipment (OE) untuk model kendaraan listrik sebanyak 20 persen di antara semua kontrak OE mobil penumpang dan truk ringan.


Baca juga: Hankook sediakan ban eksklusif untuk ajang Lamborghini Super Trofeo

Baca juga: Ban Hankook Tire lengkapi mobil serba listrik Toyota bZ4X

Baca juga: Hankook Tire catat penjualan tumbuh 25,7 persen di kuartal ketiga
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023