Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif roda dua asal Jepang, Honda dikabarkan akan segera menghadirkan Honda Hawk 11 untuk pasar di luar Jepang, dan direncanakan akan mendarat di India dalam waktu dekat.

RideApart pada Jumat mengabarkan bahwa Honda telah mengajukan ke Kementerian Kekayaan Intelektual mengenai hak paten desain dari Honda Hawk 11.

Menurut catatan resmi IP India, Honda mengajukan aplikasi desainnya pada 2 Agustus 2022 lalu. Desain tersebut dipublikasikan secara resmi di Jurnal Desain dan Paten IP India 49/2022, yang diterbitkan pada 9 Desember 2022. Sekarang menjadi informasi publik dan tersedia untuk spekulasi publik.

Baca juga: Honda Hawk 11 meluncur bulan depan di Osaka Motorcycle Show

Meski begitu, pihak Honda belum memberikan kepastian dan pernyataan resmi terkait perilisan Hawk 11 di pasar otomotif manapun termasuk di India.

Selain itu, hanya karena berdasarkan file desain OEM, paten, atau merek dagang, otoritas kekayaan intelektual negara tertentu tidak selalu akan dirilis di negara tersebut.

India memang memiliki pasar yang cukup subur untuk konsumsi kendaraan roda dua, meski banyak dari masyarakatnya yang cenderung menggunakan kendaraan dengan cc yang lebih kecil.

Baca juga: Jiajue luncurkan dua motor mirip Honda CBR650R

Meski begitu, mesin dengan perpindahan yang lebih besar juga akan menemukan audiens mereka di antara kelompok pengendara yang diakui lebih kecil. Untuk itu, Honda memperkenalkan dealer BigWing untuk memenuhi kebutuhan pengendara kelas atas ini.

Honda Hawk 11, pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 2022 lalu dan sementara ini memang hanya dipusatkan untuk konsumsi masyarakat yang ada di Jepang.

Baca juga: AHM kembali gelar festival vokasi uji ketrampilan teknis sepeda motor


Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023