Jakarta (ANTARA) - General Motors Co (GM) dan LG Energy Solution tidak berencana untuk melanjutkan pembangunan pabrik sel baterai keempat di Amerika Serikat, kata dua sumber kepada Reuters.

Baca juga: Tata pertimbangkan India dan Eropa untuk pabrik pembuatan sel EV

Usaha patungan kedua perusahaan yaitu Ultium Cells LLC mengatakan pada bulan Agustus bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan sebuah lokasi di New Carlisle, Indiana, untuk pabrik baterai AS keempat, yang diperkirakan menelan biaya sekitar 2,5 miliar dollar AS.

"Kami sudah sangat jelas bahwa rencana kami mencakup investasi di pabrik sel AS keempat, tetapi kami tidak akan mengomentari spekulasi," kata GM dalam sebuah pernyataan pada Jumat.

LG Energy mengatakan pada Jumat malam bahwa diskusi tentang pabrik keempat tetap berlangsung "tetapi belum ada keputusan yang dibuat." Rencana tersebut dilaporkan sebelumnya oleh Wall Street Journal.

Baca juga: Usaha bersama produksi baterai EV Honda - LG di AS resmi berdiri

GM masih dapat melanjutkan rencana untuk membangun pabrik baru di Indiana dengan mitra baru, kata sumber tersebut.

Pembuat mobil Detroit dan perusahaan Korea Selatan sedang membangun pabrik senilai 2,6 miliar dollar AS di Michigan, yang akan dibuka pada tahun 2024.

Pada bulan Desember, Ultium mengatakan akan meningkatkan investasinya di pabrik Tennessee senilai 2,3 miliar dollar AS yang akan dibuka akhir tahun ini dengan tambahan 275 juta dollar AS.

GM mengatakan pada Jumat bahwa mereka berinvestasi dengan cepat untuk meningkatkan produksi sel dengan LG Energy, menambahkan bahwa pabrik di Tennessee dan Michigan akan dibuka masing-masing pada tahun 2023 dan 2024.

"Kapasitas sel ini membuat kami tetap berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan 400.000 kendaraan listrik di Amerika Utara pada pertengahan 2024 dan kami berharap memiliki kapasitas sel untuk menghasilkan lebih dari 1 juta kendaraan listrik setiap tahun di Amerika Utara pada tahun 2025," kata GM dikutip dari siaran Reuters, Jumat (20/1).


Baca juga: LG dalam pembicaraan dengan Ford untuk pabrik baterai di Turki

Baca juga: VKTR gandeng Gotion kembangkan "pack" baterai EV di Indonesia

Baca juga: LGES investasi 4 triliun won di pabrik baterai Korea Selatan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023