Jakarta (ANTARA) - Tiga model baru Dongfeng Nano Box yang berupa SUV listrik kecil, secara resmi diluncurkan di China oleh Dongfeng EV belum lama ini.

Nano Box adalah unit bisnis di bawah Grup Dongfeng yang berfokus pada kendaraan listrik kecil murni dan saat ini sedang membangun platform baru untuk kendaraan listrik kecil.

Mobil tersebut awalnya dikembangkan oleh Renault, disebut Renault Kwid, dan versi listriknya disebut Renault City K-ZE. Mobil ini dibuat di China oleh Dongfeng-Renault dan diekspor ke Eropa sebagai Dacia Spring, seperti dilaporkan GizmoChina pada Selasa.

Merek dan sub-merek Dongfeng sendiri juga membuat versi lain, yang disebut Dongfeng Aeolus EX1, Dongfeng Fengxing T1, Dongfeng Fengguang E1, Venucia e30, dan Dongfeng Nano Box. Semua dibuat di pabrik yang sama.

Baca juga: Dongfeng bikin FengGuang Mini EV, calon pesaing Wuling Hongguang

Nano Box memiliki bentuk membulat dengan dimensi panjang 3.732 mm, lebar 1.579mm, dan tinggi 1.515mm serta wheelbase 2.423mm. Port pengisian daya terletak di bagian depan mobil.

Interior Nano Box mengadopsi desain dua warna yang mirip dengan eksteriornya. Mobil ini dilengkapi dengan panel instrumen 7 inci dan layar kontrol pusat 10 inci.

Mobil terhubung ke aplikasi yang menyediakan fitur seperti kontrol pintu jarak jauh, kontrol AC jarak jauh, penentuan posisi kendaraan atau pencarian mobil, manajemen pengisian daya, dan pemeriksaan kondisi kendaraan. Bahan joknya terbuat dari kulit sintetis.

Nano Box dilengkapi dengan motor depan yang menghasilkan 33 kW dan 125 Nm. Dongfeng mengklaim waktu akselerasi resmi mobil 0-50 km/jam adalah 6 detik.

Baterainya menggunakan lithium besi fosfat dari CATL dengan kapasitas 15,97kWh, mencapai jarak jelajah listrik murni CLTC sejauh 201km.

Model entry-level hanya mendukung pengisian lambat yang membutuhkan waktu 3 jam untuk mencapai pengisian penuh, sedangkan dua model lainnya mendukung pengisian cepat yang hanya membutuhkan waktu 0,53 jam untuk mencapai pengisian penuh.

Dalam lima tahun ke depan, Dongfeng EV berencana meluncurkan tiga hingga lima model baru, meliputi SUV dan sedan.

Kisaran harga ketiga model baru tersebut adalah Rp133 juta hingga Rp145 juta, menjadikannya pilihan SUV elektrik yang terjangkau bagi konsumen China.

Baca juga: Truk baru Dongfeng KL dan KR diluncurkan di Vietnam untuk memulai perjalanan barunya di luar negeri

Baca juga: Dubes ajak Dongfeng dan Liugong kembali investasi di Indonesia

Baca juga: Dubes RI undang Wuling bangun pabrik baterai di Indonesia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023