Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif AS General Motors (GM), yang berencana untuk mengoptimalkan elektrifikasi pada tahun 2035, sedang menciptakan divisi energi baru yang akan memproduksi pengisi daya untuk kendaraan listrik, serta panel surya dan teknologi terkait energi lainnya untuk rumah dan bisnis.

Menurut laporan Associated Press, dikutip pada Kamis, perusahaan mengatakan bahwa divisi yang disebut GM Energy tersebut akan menciptakan sistem untuk rumah tangga dan pelanggan komersial yang menghubungkan kendaraan listrik ke penyimpanan dan pembangkit listrik.

Divisi tersebut harus memiliki kapasitas untuk menjual energi dari kendaraan listrik dan baterai penyimpanan stasioner kembali ke utilitas selama periode puncak penggunaan energi.

"GM Energy memiliki peluang untuk membantu menghadirkan produk dan layanan energi berkelanjutan yang dapat membantu mengurangi dampak pemadaman listrik dan menyediakan manajemen energi yang tangguh dan hemat biaya bagi pelanggan," kata VP GM EV Growth Operations Travis Hester dalam pernyataannya.

Baca juga: GM terima pesanan ratusan ribu kendaraan listrik dari Hertz

Baca juga: Cruise tarik dan perbarui perangkat lunak di 80 kendaraan otonom


Adapun Energy Services Cloud GM akan menyertakan alat manajemen data dan energi dan memungkinkan pelanggan mengelola penggunaan energinya.

GM juga mengatakan memiliki kemitraan dengan beberapa perusahaan, termasuk penyedia teknologi surya dan layanan energi SunPower. Dalam kesepakatan dengan SunPower, kedua perusahaan akan mengembangkan dan menawarkan pelanggan sistem energi rumah yang mencakup kendaraan listrik terintegrasi dan solusi baterai, panel surya, dan penyimpanan energi rumah.

Sistem ini akan tersedia bersamaan dengan peluncuran ritel Chevrolet Silverado EV 2024, yang diharapkan mulai diproduksi pada musim gugur 2023.

Ada juga proyek percontohan dengan Pacific Gas and Electric untuk memungkinkan pelanggan di perumahan menggunakan kendaraan listrik mereka yang kompatibel dengan pengisi daya dua arah sebagai daya cadangan untuk kebutuhan rumah yang penting selama pemadaman listrik.

Setelah tes laboratorium awal, perusahaan mengantisipasi perluasan penawaran ke beberapa pelanggan perumahan di dalam area layanan PG&E. Langkah ini diharapkan akan dimulai tahun depan.

Baca juga: Ford dan GM rilis laporan penjualan di China pada kuartal ketiga 2022

Baca juga: GM tingkatkan produksi Chevrolet Bolt EV

Baca juga: GM investasikan 760 juta dolar AS untuk produksi penggerak listrik
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022