Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta telah mengirimkan peneliti untuk membantu pengembangan mobil ESMK yang sejak beberapa pekan terakhir menjadi pembicaraan pejabat dan masyarakat secara nasional.

"Kita telah mengirimkan tim untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan mobil ESMK tersebut," kata Menristek, di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, langkah tersebut sebagai upaya membantu pengembangan mobil ESMK menjadi lebih baik sehingga bisa mendapatkan referensi mobil buatan anak bangsa tersebut bisa dimanfaatkan dengan aman.

Kementeriannya, kata dia, akan membantu menyempurnakan terhadap kekurangan dalam proses pembuatan mobil yang merupakan proyek dari Kementerian Pendidikan Nasional tersbeut.

"Bila ada kekurangan dalam proses pembuatan mobil tersebut akan kita bantu menyempurnakan," katanya.

Menurut Hatta, selain mobil ESMK juga terdapat tujuh pengembangan mobil yang juga proyek dari Kemendiknas di beberapa daerah lainnya yang juga akan diberikan dukungan Kemenristek.

"Pengembangan mobil ESMK sebenarnya adalah proyek Kemendiknas yang juga diberikan di tujuh daearh lainnya, yang fokus mengembangkan berbagai jenis mobil, namun akan siap membantu penyempurnaannya," katanya.

Menurut Hatta, sekecil apapun karya anak bangsa sebaiknya harus mendapatkan dukungan dari seluruh pihak sehingga akan mampu berkembang dengan baik dan bisa menjadi kebanggaan nasional.

Masyarakat dan pemerintah melalui dinas dan instansi terkait akan selalu mendukung seluruh hasil karya dan inovasu yang kini terus bermunculan di Nusantara.

"Jangan sampai kita mengecilkan karya-karya anak bangsa yang luar biasa, mari kita dukung dan bantu menyempurnakan," kata Menristek.

Mobil ESMK hasil buatan siswa SMK Negeri 2 Surakarta tersebut kini menyita perhatian beberapa tokoh nasional antara lain menteri Ekonomi Hatta Radjasa, beberapa artis ibukota dan lainnya.

Keberhasilan siswa SMK dalam merakit mobil secara manual juga telah membuncahkan kebanggaan warga di sebagian besar Indonesia dan menimbulkan keyakinan terhadap kemampuan inovasi anak bangsa.

Sebelumnya, mobil tersebut juga mendapatkan apresiasi tinggi dari Wali Kota Solo, Joko Widodo. Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) akan menggunakan mobil hasil buatan siswa SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta sebagai mobil operasional sehari-hari.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012