Beijing (ANTARA) - Para peneliti dari Institut Fisika Kimia Dalian (Dalian Institute of Chemical Physics) di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan China mengembangkan tinta cetak 3D dengan viskositas yang sesuai dan konduktivitas yang tinggi.

NIMB cetak 3D itu memberikan kapasitas areal yang unggul 4,5 mAh per sentimeter persegi pada kerapatan arus rendah 2 mA per sentimeter persegi, mengungguli baterai mikro cetak yang canggih, papar artikel penelitian tersebut.

Material itu memungkinkan pencetakan mikroelektroda NIMB berlapis-lapis untuk mencapai ketebalan yang sangat tinggi sekitar 1.200 mikrometer sembari mempertahankan jalur transfer ion dan elektron yang efektif.

NIMB baru itu memperlihatkan tingkat kapabilitas yang ditingkatkan dengan 3,6 mAh per sentimeter persegi pada kerapatan arus tinggi 40 mA per sentimeter persegi dan siklus hidup jangka panjang yang kuat hingga 6.000 siklus.

NIMB planar merupakan sumber tenaga mikro baru yang menjanjikan karena sumber daya sodiumnya yang kaya, berbiaya rendah, dan transmisi sodium ion yang cepat. Namun NIMB itu terhambat oleh kapasitas areal yang rendah karena mikroelektroda yang tipis.

Lebih lanjut, mikroelektroda NIMB planar tersebut menunjukkan fleksibilitas mekanis yang layak di bawah berbagai kondisi penekukan.



 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022