Jakarta (ANTARA News) - PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), agen pemegang merek sepeda motor Yamaha di Indonesia, siap menyambut era motor injeksi (FI) yang diperkirakan bakal marak mulain 2012.

"Sejak 2007 Yamaha, kami telah merancang FI dan saat ini kami fokus meningkatkan layanan. Yamaha sudah sangat siap untuk era mesin injeksi dengan dukungan penuh dari para mekanik yang telah dipersiapkan lama dan dibekali pengetahuan tentang FI," kata PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia, Indra Dwi Sunda, di Jakarta, Jumat.

Dia menyatakan, Yamaha telah menggelar kegiatan Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) untuk melatih para mekanik.

Dalam ajang itu, para mekanik Yamaha se-Indonesia bertarung memperebutkan hadiah utama mengikuti kontes teknisi tingkat dunia atau World Technician Grand Prix di Jepang. Kegiatan ini digelar di Bandung akhir November lalu.

Indra mengatakan, Yamaha menargetkan semua motor akan dibekali mesin injeksi (fuel injection/FI).

Yamaha menyebut teknologi FI dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di Juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).

Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor.

Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

Untuk menuju ke arah sana, Yamaha mempersiapkan diri dengan memperkuat barisan mekanik untuk mendapatkan pengetahuan FI agar dapat menangani produk FI di dealer maupun bengkel-bengkel Yamaha.

"Sejak 2007, Yamaha telah merancang FI dan saat ini kami fokus meningkatkan layanan. Yamaha sudah sangat siap untuk era mesin injeksi dengan dukungan penuh dari para mekanik yang telah dipersiapkan lama dan dibekali pengetahuan tentang FI," kata dia. Motor Yamaha  yang menggunakan mesin injeksi adalah Vixion.
(ANT-258)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011