Jakarta (ANTARA News) - Grup Toyota akan memiliki pusat riset dan pengembangan di Indonesia.

"Rencana ini sedang dimatangkan. Kalau ini terwujud, kami berharap putra-putri bangsa bisa turut serta mengembangkan produk Grup Toyota," ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, di Jakarta, Senin.

Astra adalah mitra Toyota Motor Corp (TMC), pemegang merek (prinsipal) Toyota di Indonesia. Toyota adalah perusahaan otomotif terbesar di Jepang sekaligus pemimpin pasar mobil di Indonesia.

Anak usaha TMC, Daihatsu Motor Company (DMC), juga bekerja sama dengan Astra dengan membentuk perusahaan patungan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sugiarto menegaskan, rencana pembangunan penelitian dan pengembangan juga dibarengi dengan penambahan kapasitas pabrik Toyota di Karawang. Saat ini kapasitas pabrik Toyota di Karawang mencapai 110.000 unit. Pabrik di Karawang dioperasikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

"Kapasitas pabrik akan ditambah menjadi 180.000 unit. Nilai investasi Rp 1,7 triliun," kata Sugiarto.

ADM, katanya, juga sedang menambah kapasitas produksi menjadi 430.000 unit setahun dari sebelumnya 330.000 unit. ADM akan membangun pabrik baru di kawasan industri Suryacipta City of Industry. Nilai investasinya sekitar Rp2 triliun.

"Secara total, investasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia sekitar Rp 3-4 triliun pada 2012," ujar dia. (*)
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011