Jakarta (ANTARA News) - Banjir Thailand telah menyebabkan terhentinya pasokan mobil Toyota seperti Accord, Yaris, Corolla, Altis, Camry dan Hilux ke Indonesia.

Hal itu dikatakan Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan ketika menggelar temu wartawan di Jakarta pada Jumat (28/10).

"Terkait banjir Thailand, pasokan sedan dan Hilux dihentikan. Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari Toyota Thailand," katanya.

Johnny juga membantah jika produksi mobil Toyota di Thailand akan di pindah ke Indonesia. "Hingga saat ini, Indonesia hanya memproduksi Kijang Innova," katanya.

Sementara itu Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto mengatakan sulit untuk mengandalkan Jepang memasok mobil ke Indonesia untuk menggantikan pasokan mobil dari Thailand. 'Spesifikasi dan jenis produk mobil Jepang berbeda dengan Indonesia," katanya.

Banjir yang melanda negeri gajah putih itu memaksa Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo) mengurangi target penjualan mobil tahun ini yang sebelumnya sebanyak 870.000 - 880.000 unit menjadi 840.000 unit. Pada September, Gaikindo mencatat penjualan mobil di Indonesia sebanyak 685.000 unit dan pangsa pasar Toyota sebesar 36% dari total penjualan Gaikindo.

Joko mengemukakan pelanggan Toyota di Indonesia tidak perlu khawatir terkait suku cadang karena sekitar 65% suku cadang Toyota buatan lokal dan bisa diimpor dari Jepang.
(Adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011