Jakarta (ANTARA News) - All-New Ford Ranger akan menjadi wajah baru Built Ford Tough untuk pelanggan truk pickup di 180 negara di seluruh dunia.

Siaran pers Ford menyebutkan Ranger memperkenalkan tiga mesin baru yaitu dua unit diesel Ford Duratorq TDCi dan satu unit bensin Ford Duratec.

Kemampuan  tarik 3350 kilogram (hanya pada Hi-Rider 4x2 dan 4x4 yang dilengkapi TDCi) dan kemampuan melintasi air sedalam 800 milimeter (hanya pada Hi-Rider 4x2 dan 4x4) yang luar biasa merupakan faktor yang membuat perbedaan pada Ranger. Kapasitas muatan naik sampai 1528 kg pada Hi-Rider XL 4x2 Single Cab Chassis yang dilengkapi TDCi 2.2L

Ranger merupakan salah satu pickup compact tercanggih yang menyajikan teknologi pintar seperti Bluetooth dengan Voice Control (di semua model), sensor parkir mundur (XLT dan Wildtrak) dan sistem Rear View Camera (Wildtrak)

Model pertama yang akan diluncurkan di Australia adalah Double Cab 4x4 XL dan XLT yang dilengkapi dengan TDCi 3.2; rangkaian produk lainnya akan menyusul pada awal 2012. Ranger akan ditawarkan dalam tiga jenis kabin yaitu Double, Super dan Single.

Pickup compact ini juga tersedia dalam drivetrain 4x2 dan 4x4 serta dua ketinggian berkendara di mana 4x2 Hi-Rider menggunakan kerangka yang sama dengan model 4x4.

Kendaraan tersebut akan diproduksi di tiga benua dan dijual di 180 negara, yang membuatnya menjadi salah satu produk Ford yang paling banyak tersebar di seluruh dunia.

Produksi massal telah dimulai di Thailand untuk pasar di wilayah Asia Pasifik, termasuk Australia.
Jarak tempuhnya lebih dari 1000 km dengan hanya menggunakan satu tangki bahan bakar diesel.

Fitur baru pada Ranger yang dirilis di Australia dilengkapi dengan Dynamic Stability Control (DSC),  Hill Descent Control: Membantu pengendara saat menuruni tanjakan tajam , Hill Launch Assist: Membantu pengendara memajukan kendaraan pada tanjakan tajam setelah berhenti, Trailer Sway Control: Menyediakan kendali stabilitas saat menarik trailer, Adaptive Load Control: Stabilitas optimal pada kendaraan bermuatan,  Emergency Brake Assist: Memberikan tekanan rem tambahan saat berhenti mendadak Emergency Brake Light: Memberi tanda kepada pengendara lain dengan menyalakan indikator saat kendaraan melakukan pengereman mendadak dan Roll-Over Mitigation: Membantu mencegah kendaraan terguling.
(A038)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011