Jakarta (ANTARA News) - Pereli nasional yang tergabung dalam Pertamina Cusco Racing, Rifat Sungkar, menargetkan naik podium pada kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2011 seri lima di di Hokaido Jepang, 30 September-2 Oktober nanti.

Untuk merealisasikan target yang diusung, bersama pasangannya yaitu Scott Beckwith, suami dari artis Sissy Pricillia itu bahkan akan melakukan uji coba lintasan sebanyak dua kali. Hal itu dilakukan karena lintasan yang akan dilalui berbeda dengan seri-seri sebelumnya.

"Jepang adalah homebase-nya Cusco. Jadi saya harus bertanding semaksimal mungkin. Apalagi kendaraan yang akan saya gunakan telah dipersiapkan dengan baik," kata Rifat di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pada APRC seri lima persiapan yang dilakukan oleh timnya jauh lebih matang. Apalagi pada seri sebelumnya yaitu Selandia Baru, belum bisa memberikan hasil terbaik karena kendaraan Mitsubishi Evolution X yang dikendarai terbalik.

Untuk tahapan uji coba atau tes lintasan, kata dia, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dilakukan 28 dan 29 September nanti. Selain untuk mempersiapkan diri dengan baik, uji coba dilakukan karena lintasan yang akan dilalui kemungkinan besar akan tertutup salju.

"Cuaca disana (Hokaido) cukup dingin. Apalagi lintasan yang akan dilalui berada di pegunungan. Jelas kultur tanah yang akan dilalui berbeda dengan sebelumnya. Makanya perlu ada penanganan khusus terutama dalam pemilihan ban," katanya menambahkan.

Anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar mengaku sedikit kurang memahami lintasan yang akan dilalui. Hanya saja, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin agar target naik podium bisa tercapai.

"Tahun lalu saya tidak turun di sini. Terus terang kami kurang paham dengan lintasan ini," kata juara nasional rally delapan kali itu.

Pasangan Rifat Sungkat-Scott Beckwith pada klasemen sementara APRC 2011 berada diposisi empat dengan 47 poin. Posisi itu di bawah Chritopher Atkinson dengan 109 poin, Alister McRae dengan 86 poin dan Gaurav Gill dengan 63 poin.

Posisi pereli andalan Indonesia itu masih berpeluang berubah. Hanya saja, syaratnya adalah Rifat Sungkar harus mampu menjadi yang tercepat pada dua seri sisi yaitu APRC Jepang dan China, 4-6 November nanti.

Dari seri pertama di Malaysia hingga seri keempat di Selandia Baru, prestasi terbaik yang berhasil dibukukan oleh pasangan Rifat Sungkar dan Scott Beckwith adalah menjadi runner up di seri tiga yaitu APRC Kaledonia Baru. (ANT)



(T.B016/B/I015/I015) 12-09-2011 22:40:55
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011