Jakarta (ANTARA) - Pebalap nasional Rifat Sungkar menyabet juara nasional Sprint Rally 2021 dengan mengendarai Mitsubishi Xpander AP4 di Meikarta, Jawa Barat, pada 26-27 November 2021.

Rifat Sungkar mengatakan keberhasilannya di ajang sprint reli nasional 2021 membuktikan bahwa mobil keluarga juga bisa digunakan untuk kegiatan balap, di mana Mitsubishi Xpander ternyata mampu bersaing dengan mobil-mobil reli lain dengan jenis yang berbeda.

"Ini agak gila karena balapan (pakai) MPV, karena semua orang gunakan hatchback," ujar Rifat Sungkar dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Program MMKSI untuk New Xpander dan Xpander Cross di GIIAS

Ia mengatakan, salah satu kunci keberhasilannya di ajang itu adalah konsep mobil Mitsubishi Xpander AP4 banyak terbantu dari kondisi topografi lokasi sprint reli di Indonesia.

Menurutnya lokasi yang digunakan tidak berorientasi pada kecepatan tinggi, sehingga fungsi aerodinamika tidak begitu berpengaruh pada handling atau pengendalian mobil.

"Beda kalau kami reli di Finlandia atau Swedia misalnya," terangnya.

Dia melanjutkan beberapa kelebihan yang dia rasakan selama lomba dengan Mitsubishi Xpander AP4 adalah dimensinya. Menurut dia dimensi mobil tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil reli yang pernah ada, misalnya Mitsubishi Evolution.

Dia mengakui tinggi mobil yang dia kendarai memang sangat kontras jika dibandingkan mobi reli lainnya, namun hal itu diakali dengan mengatur suspensi yang lebih mumpuni.

"Untuk Xpander kami, begitu duduk dalam mobil, saya enggak merasa duduk di mobil lain. Tapi seperti duduk di mobil (Mitsubishi) Evolution," jelasnya.

Dia menambahkan keterlibatan Mitsubishi Xpander AP4 di ajang lomba sprint reli nasional dijadikan sebagai "laboratorium alam" untuk pengembangan Xpander.

"Siksaan yang gue kasih ke mobil itu memang sangat berat kali ya. Tapi mobilnya lolos dan bisa bikin kami juara. Puas banget akhirnya," tegas Rifat Sungkar.

Keberhasilan itu menurutnya jadi jawaban atas perjalanan panjang yang dilalui Rifat Sungkar dalam pengembangan Xpander AP4, mulai dari persiapan desain tiga dimensi, diskusi tim RFT, menyiapkan mobil bersama Ralliart Selandia baru hingga dukungan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

"Akhirnya persiapan yang lama mendapatkan hasil yang saya harapkan," pungkas Rifat.

Baca juga: MMKSI yakin New Xpander dapat potongan insentif karbon terbaik

Baca juga: Upaya MMKSI berikan biaya perawatan minimal New Xpander

Baca juga: New Xpander dominasi penjualan MMKSI di GIIAS 2021
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021