Jakarta (ANTARA) - Volta Trucks mengatakan bahwa mereka telah mengumpulkan 230 juta euro (260 juta dollar AS) dalam putaran pendanaan Seri C, yang akan membiayai peluncuran produksi seri truk listrik Volta Zero pada akhir tahun 2022.

Dikutip dari Reuters, Sabtu, Volta Trucks yang berbasis di Stockholm, yang juga beroperasi di Inggris, mengatakan bahwa putaran pendanaan dipimpin oleh hedge fund Luxor Capital, yang sebelumnya berinvestasi di Volta Trucks.

Investor benih awal Byggmastare Anders J Ahlstrom Holding AB juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan, yang menjadikan total Truk Volta telah terkumpul menjadi sekitar 300 juta euro.

Prototipe Volta Zero, truk bertenaga listrik 16 ton, akan dikirimkan ke pelanggan pada pertengahan 2022, dengan produksi seri yang akan dimulai pada akhir 2022.

Startup dan pembuat mobil tradisional bergegas untuk membawa model listrik ke pasar karena mereka menghadapi bayang-bayang larangan kendaraan berbahan bakar fosil di China dan Eropa.

Pendanaan terbaru "memberi kami landasan finansial untuk dapat memenuhi semua tujuan kami saat kami bertransisi dari perusahaan rintisan menjadi produsen truk listrik penuh," kata Kepala Eksekutif Truk Volta Essa Al-Saleh dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan mengatakan buku pesanannya sekarang melebihi 5.000 kendaraan dengan nilai 1,2 miliar euro. Pendanaan tersebut juga akan mendanai pengembangan truk listrik seberat 7,5 ton dan 12 ton.

Volta Trucks berencana membuat 5.000 truk di pabriknya di Steyr, Austria, pada tahun 2023, dan produksi tahunan akan meningkat menjadi 27.000 unit pada tahun 2025.


Baca juga: Volta Zero siap untuk diproduksi masal setelah 2 tahun

Baca juga: Volta teken kontrak 77 motor listrik roda tiga dengan PLN

Baca juga: Truk listrik Volta Zero dari Swedia akan dibuat di Inggris
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022