Jakarta (ANTARA News) - BMW memperkenalkan kendaraan konsep i8, sport hybrid plug in yang akan diluncurkan pada tahun 2014.

"Kami selalu menyimpan angan-angan untuk bisa mempersembahkan mobil listrik pada konsumen,” kata Norbert Reithofer, Chairman dari Board of Management BMW AG, di sela penampilan perdana kedua model tersebut di Frankfurt.  

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, BMW i8 disebut sebagai generasi terbaru mobil sport BMW yang punya akselerasi 0-100km/jam kurang dari lima detik.

Konsumsi bahan bakarnya tak sampai tiga liter untuk menempuh jarak 100 kilometer. BMW i8 adalah mobil hybrid plug-in dengan output sebesar 260 kW dan sanggup menempuh jarak 35 kilometer.

Reithofer mengatakan kedua mobil konsep BMW itu bisa menjadi solusi untuk penggunaan lahan parkir, sistem navigasi intelijen dengan memanfaatkan informasi berdasarkan lokasi, sistem rute perjalanan dengan berbagai mode yang terintegrasi, dan skema pemakaian mobil yang tecakup dalam konsep DriveNow.

Selain i, BMW juga memperkenalkan konsep BMW i3, kendaraan dengan empat tempat duduk serta bagasi dengan volume 200 liter— sangat cocok untuk mobil sehari-hari.

“Mobil ini menandai pertama kalinya mobil yang sebagian besar bodinya berbahan karbon,” kata Klaus Draeger, Member of the Board yang bertangungjawab menangani Pengembangan.  

BMW i3 dan BMW i8 akan diproduksi di pabrik BMW di Leipzig, Jerman.

Pihak perusahaan telah menyiapkan investasi awal sebesar 400 juta euro, untuk mendirikan bangunan dan menyiapkan fasilitas baru pada 2013.

Dengan produksi kedua model baru tersebut, maka 800 lapangan kerja baru akan tercipta. 

Proses produksi mobil ini menghasilkan CO2 dalam posisi netral, dan akan menggunakan materi dan bahan-bahan yang terbarukan. 
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011