Jakarta (ANTARA) -
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan skutik berdesain unik yakni Fazzio Hybrid-Connected yang dijual dengan harga Rp21,7 juta dan Rp22 juta berstatus on the road Jakarta.

Yamaha kemudian mengajak sejumlah awak media untuk mencoba Fazzio Hybrid-Connected secara langsung mengelilingi kota Bogor, Jawa Barat pada Jumat (4/2).

Selain desainnya yang unik, hal yang menyorot perhatian adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang efisien. Meski konsumsi bahan bakar tergantung pada gaya berkendara dan kondisi lalu lintas, namun dalam kegiatan itu terdapat peserta yang mencapai 92 km/liter dan 82 km/liter.

Catatan konsumsi bahan bakar itu bisa dicapai berkat teknologi Blue Core generasi terbaru, di mana mesin sepeda motor memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga dari mesin serta tenaga dari Electric Power Assist Start.

Kombinasi tenaga dari mesin dan Electric Power Assist Start membuat akselerasi sepeda motor menjadi lebih bertenaga dan lebih halus, terutama saat sepeda motor membawa penumpang, barang, dan melintasi jalan menanjak.

Terdapat pula sistem One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan satu sentuhan, serta Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan guna menghemat bahan bakar.

Baca juga: Yamaha Fazzio dijual mulai Rp21,7 juta, ini spesifikasi dan fiturnya

Baca juga: Yamaha NMax adopsi dua warna baru XMax 250
 
Yamaha Fazzio Hybrid-Connected (ANTARA/Yamaha)

Selain itu, hadirnya teknologi Electric Power Assist Start membuat skutik mungil itu dapat memberikan akselerasi yang mumpuni, baik itu saat dibawa sendirian, dengan barang atau berboncengan. Teknologi itu bekerja pada detik ketiga melalui dorongan daya baterai yang berfungsi untuk membantu tarikan awal dengan menggabungkan tenaga mesin dan EPAS.
 
"Memang ada waktu yang dibutuhkan untuk recovery baterai itu sendiri," ungkap Aji Handoko, Technical and Education After Sales Service beberapa waktu yang lalu di Bogor.
 
"Ada dua mode dalam hal ini, pertama ketika motor sedang berjalan dengan kencang sampai dengan berhenti total atau 0 km/jam, itu satu setengah detik motor akan mati, berbeda halnya jika sedang macet, dan membawa kendaraan ini pelan motor akan mati dalam hitungan 5 detik," kata Aji Handoko.
 
Motor yang masuk dalam kategori skutik classy itu memiliki beberapa fitur terkini untuk memudahkan pengendara tetap terkoneksi melalui aplikasi Y-Connect.
 
Yamaha Fazzio Hybrid-Connected (ANTARA/Yamaha)
 
Yamaha Fazzio menjadi kendaraan 125 pertama yang sudah menggunakan teknologi dan juga fitur yang sudah tersemat di MAXI Yamaha (All New Aerox Connected dan All New NMAX Connected) serta produk terbaru dari Sport (All New R15 Connected). Keunggulan fitur itu adalah memudahkan pemilik untuk tetap terkoneksi dengan notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu), monitoring konsumsi bahan bakar, dan notifikasi malfunction.

Selain performa mesin, desain Fazzio Hybrid-Connected yang unik juga membuat pengendara lebih percaya diri dan menjadi pusat perhatian di jalan raya. Meski desainnya terbilang mungil, namun nyaman dikendarai oleh orang dengan tinggi 176 cm, sebab lutut tidak berhimpitan dek depan sehingga tetap memudahkan manuver.
 
Yamaha Fazzio memiliki dua tipe yaitu FAZZIO LUX dengan tampilan warna elegan dan premium, serta FAZZIO NEO dengan pilihan warna sporty. Fazzio LUX hadir dengan dua pilihan warna premium, LUX Matte Black dan LUX Prestige Silver. Sedangkan, Yamaha Fazzio Hybrid - Connected NEO hadir dengan empat pilihan warna sporty, NEO Cyan, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black.
 
Fazzio tipe NEO dipasarkan seharga Rp21,7 juta sedangkan Fazzio tipe LUX seharga Rp22 juta, keduanya berstatus on the road Jakarta dan sudah tersedia di dealer Yamaha mulai Januari 2022.

Customizability function dan aksesori port
 
President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto di Youtube resmi Yamaha Indonesia menyampaikan bahwa Yamaha Fazzio dihadirkan untuk menjawab tren kebutuhan dan gaya hidup pengendara sepeda motor yang dinamis.

"Melalui desain gaya yang unik, konsep cerdas dan trendi yang menampilkan konsep kategori baru kami Classy Yamaha. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bahwa Classy tidak hanya berarti klasik tetapi juga berkelas," kata Minoru Morimoto.

Untuk itu, Yamaha Fazzio menyediakan aksesoris port yang memberikan kebebasan pengendara dalam berekspresi sesuai dengan gaya, karakter dan selera pengendara masing-masing. 

Terdapat tiga aksesori yang dapat dipasangkan, di antaranya aksesoris Leg Soft Bag dan Outer Luggage untuk membawa barang bawaan lebih aman dan nyaman, seperti bola basket dan sepatu. Serta Cover Panel berupa plat yang dapat di custom sebagai penanda ownership atau kepemilikan pengendara sesuai dengan style masing-masing.

Yamaha Fazzio juga memiliki Double Hook Carabiner berupa gantungan barang ganda dengan sistem pengunci model carabiner sehingga lebih praktis dan amat saat membawa banyak barang, Spacious Lidded dan Open Pocket untuk membawa barang dibagian depan dengan pilihan ruang penyimpanan tertutup dan terbuka. Tersedia juga Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget Anda.

Sepeda motor ini menggunakan tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter dan kapasitas bagasi 17,8 L. Seluruh tipe Yamaha Fazzio dilengkapi lampu Hazard, Smart Key System, sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. 

Baca juga: Berapa biaya "service" ringan Yamaha Fazzio?

Baca juga: Yamaha belum berminat untuk ekspor Yamaha Fazzio

Baca juga: Yamaha Fazzio terjual 1.000 unit dalam waktu 5 jam
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022