Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture (YIMM) mengatakan bahwa biaya service ringan atau perawatan berkala Yamaha Fazzio tidak sampai Rp100 ribu meskipun sepeda motor itu sudah menggunakan teknologi terkini, Blue Core hybrid.

"Meski menggunakan teknologi canggih di dalamnya, perawatan kendaraan ini sama dengan Yamaha Freego yang mencapai Rp80 ribu saja. Itu kalau di flagship kita, mungkin nanti akan berbeda jika di tempat lain," kata Manajer Technical & Education YIMM, Aji Handoko, di sela acara Media Fazio Ride di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Dalam hal ini, banyak yang bertanya-tanya mengenai pembiayaan jasa service kendaraan ini karena sudah menggunakan teknologi terkini dan menjadi satu-satunya kendaraan di kelasnya yang menggunakan teknologi Blue Core hybrid.

Baca juga: Yamaha belum berminat untuk ekspor Yamaha Fazzio

Meski begitu, dia menjelaskan bahwa motor yang mengusung sistem hybrid memang komponennya tidak banyak berbeda dengan motor-motor konvensional pada umumnya.

"Kita gunakan sistem hybrid di Fazzio ini memang untuk power assist saja agar membantu pada tarikan awal ketika membawa beban banyak, jalan menanjak jadi torsi awalnya itu besar. Namun, jika untuk masalah perawatan itu sama saja dengan kendaraan umumnya," jelas dia.

Untuk diketahui bersama, Yamaha menghadirkan Fazzio ini dengan teknologi Blue Core generasi terbaru, di mana mesin sepeda motor memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga dari mesin serta tenaga dari Electric Power Assist Start.

Dengan begitu, akselerasi motor ini menjadi lebih bertenaga dan juga lebih halus ketika sang pengendara harus berboncengan, membawa alat berat dan juga menghadapi tanjakan yang terjal.

Saat ini, Yamaha Fazzio hadir dalam dua tipe yakni Fazzio Lux dan juga Fazzio Neo yang mengedepankan kesan yang sporty dan elegan.

Fazzio tipe NEO dipasarkan seharga Rp21,7 juta sedangkan Fazzio tipe LUX seharga Rp22 juta, keduanya berstatus on the road Jakarta dan sudah tersedia di diler Yamaha mulai Januari 2022.

Baca juga: Yamaha Fazzio terjual 1.000 unit dalam waktu 5 jam

Baca juga: Yamaha Fazzio dijual mulai Rp21,7 juta, ini spesifikasi dan fiturnya
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022