Jakarta (ANTARA News) - ATPM kendaraan komersial PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan varian heavy duty truck terbarunya, Hino 700 ZYIEWPD, mengawali pamerannya di Indonesia International Motor Show 2011 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jumat (22/7).

Truk besar kategori 5 itu dihadirkan Hino untuk memenuhi pesatnya permintaan kendaraan khusus pertambangan di Indonesia.

Hadir dalam peluncuran Direktur Sales/Planning & Administration HMSI Benny Kriswanto dan Soebronto Laras, Komisaris Utama Indomobil Grup, induk perusahaan pembuat kendaraan Hino, PT Hino Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Ditanya soal target penjualan Hino 700 ZYIEWPD, usai peluncuran Soebronto Laras menyatakan bahwa target tahun ini tidak banyak hanya sekitar 50 hingga 100 unit saja.

Truk berharga sekitar Rp1,5 miliar, belum diungkapkan harga pastinya, itu masih dalam taraf penjajakan pasar, khususnya untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan di tanah air.

Sementara untuk truk lebih kecil, kategori 3, Hino sudah memasarkan sekitar 10.000 unit, dan tengah dalam upaya menerobos pasar ekspor, diantaranya ke Vietnam.

Menurut Benny Kriswanto, dalam IIMS tahun ini Hino mengusung konsep Hino Green, seperti ATPM lainnya, yang menghadirkan kenyamanan bagi pengunjung dengan nuansa taman dan pepohonan.

"Dari sisi unit display, Hino akan menampilkan truk besar Hino 700 ZYIEWPD (cat 5), Ranger FM 260JW (cat 3), Hino Bus R260, Dutro 4x4 (cat 2) dan Dutro Bus 110SDBL (cat 2)."

"Peningkatan permintaan unit tambang yang semakin marak, membuat kami meluncurkan Hino 700 ZYIEWPD ke pasar Indonesia," kata Benny.

Hino 700 ZYIEWPD merupakan truk Jepang terbesar yang dipasarkan HMSI di Indonesia. Truk besar 8x4 ini mampu menghasilkan tenaga 410 PS dan GVWR 48 ton.

Hino mengklaim Hino 700 ZYIEWPD memiliki keunggulan yang bisa menguntungkan perusahaan pertambangan, karena performanya tangguh dan mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Kendaraan kelas berat ini telah dilengkapi transmisi ZF EcoSPLIT dan power shift yang membuat pengoperasiannya lebih mudah.

Fitur air cleaner-nya didesain khusus untuk penggunaan di lokasi pertambangan. Dari sisi keamanannya, Hino 700 sudah disertai Engine Retarder System yang membuat pengereman lebih optimal dan efisien.

Hino menghadapi tantangan besar di pasar truk, khususnya kategori medium duty, karena ATPM lain juga melihat kesempatan pasar yang sama seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dipandang optimistis oleh banyak pihak.

(S026)
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011