Jakarta (ANTARA) - Tim Hino Sugawara yang membawa truk balap bermesin hybrid berhasil menuntaskan Rally Dakar 2022, sekaligus menjadi satu-satunya jenama kendaraan komersial Jepang yang berlaga di balapan gurun pasir itu.

HINO600, truk balap yang dikendarai Teruhito Sugawara bersama duet navigator Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki, menggunakan mesin Racing Hybrid System yang menghasilkan tenaga maksimum 800PS (588kW)/2800 rpm.

Baca juga: Hino R260 pakai bodi alumunium Avante H7 AB racikan Karoseri Tentrem

“Perlombaan ini terkenal sebagai reli paling melelahkan di dunia dan dalam beberapa tahun hanya 20,5 persen peserta yang berhasil mencapai garis finish. Sementara Tim Hino telah menyelesaikan reli secara berurutan sejak pertama kali ambil bagian di tahun 1991," kata Teruhito Sugawara dalam siaran pers Hino, Selasa.
Truk hybrid HINO600 (ANTARA/HO)


Teruhito menjelaskan bahwa truk Hino600 series merupakan medium duty truck yang dipasarkan khusus untuk Amerika Serikat dan Kanada. Truk itu memiliki ciri khas berupa desain "hidung" pada bagian depan atau kap mesin.

Sedangkan untuk Rally Dakar, Teruhito mengatakan bahwa timnya memerlukan waktu hingga dua tahun untuk mempersiapkan mesin hybrid itu agar mampu menjelajah medan gurun pasir.

Baca juga: Toyota ubah Hino XL jadi truk listrik

“Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem hybrid ini dikembangkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun, dan merupakan proyek yang didukung oleh banyak orang," kata Teruhito.

"Saya percaya bahwa hasil ini akan mengarah ke masa depan. Ini balapan yang sangat sulit karena kami tidak pernah memiliki begitu banyak rintangan sebelumnya, untuk itu saya ingin berterima kasih kepada mekanik dan seluruh tim," ucap Teruhito Sugawara.

Baca juga: Hino Connect telah digunakan di 20 ribu kendaraan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022