Jakarta (ANTARA News) - Ford, produsen mobil ternama asal negara Paman Sam memperluas penggunaan teknologi Sync Applink untuk model mobil 2012 Model-model mobil itu akan masuk akhir musim panas.

Teknologi Sync Applink yang memulai debut pada Ford Mustang 2012 awal tahun ini. Sync Applink  berfungsi untuk mengakses aplikasi ponsel pintar melalui Sync perintah suara.

Applink sudah termasuk dalam paket Sync, yang merupakan opsional pada berbagai mobil Ford. Sync pada mobil Ford jenis premium menjadi  standar perlengkapan.

Ford mengatakan Sync Applink akan tersedia pada model
-- Ford Fusion and Fusion hybrid
-- Ford Fiesta
-- Ford F-150 and F-150 SVT Raptor
-- Ford F-series Super Duty
-- Ford Expedition
-- Ford E-series van
-- Ford Shelby GT500

Menurut J. D. Power sekitar 86 persen pengguna ponsel pintar menggunakan perangkatnya selama berada dalam mobil.

Nationwide Mutual Insurance pada studi tahun 2010 mendapati bahwa tiap satu dari empat orang Amerika menggunakan aplikasi ponsel pintar mereka ketika berkendara.

Terpacu untuk menemukan aplikasi ponsel pintar yang terintegrasi dengan pengalaman pengemudi, Ford berencana membangun Divisi Solusi Layanan Konektivitas untuk mengembangkan konektivitas di dalam mobil.

Aplikasi Sync yang tersedia saat ini termasuk Pandora dan aplikasi radios Stitcher Internet dan OpenBeak yang membantu  klien untuk memposting Twitter lewat perangkat mobile.
(Adm/A038)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2011