Jakarta (ANTARA) - Toyota Astra Motor mengawali tahun 2022 dengan menghadirkan sport utility vehichle (SUV) kelas premium, All New Land Cruiser, yang dibanderol seharga Rp2,3 miliar.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, Toyota menghadirkan All New Land Cruiser (LC300) pada awal tahun ini guna menyambut pertumbuhan segmen SUV dalam beberapa tahun terakhir.

"Dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota terhadap total penjualan Toyota meningkat secara signifikan, di mana pada tahun 2011 masih sekitar 12 persen, namun di tahun 2021 sudah mencapai sekitar 35 persen," kata Henry Tanoto kepada pewarta pada Kamis.

Baca juga: Toyota Indonesia kenalkan New Fortuner dan All New Land Cruiser

All New Land Cruiser generasi anyar yang dipasarkan di Indonesia tersedia dalam dua pilihan tipe, pertama adalah All New Land Cruiser VX-R yang menyasar konsumen berkarakter premium dan All New Land Cruiser GR Sport yang menyasar segmen konsumen SUV yang sporty.

Toyota juga menyematkan emblem "70th Anniversary" pada mobil yang disebut LC300 itu untuk merayakan kiprah 70 tahun Land Cruiser yang menjadi pelopor generasi SUV Toyota. Emblem khusus itu terletak di sisi samping-belakang bodi, door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi, serta di Floor Mat dengan aksen bordir.

Mesin
All New Land Cruiser LC300 (ANTARA/HO)


Land Cruiser LC300 mengadopsi mesin V6D-turbo 3.346 cc. Dapur pacu berkode F33A-FTV itu menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi 71,4 Kgm pada 1.600 – 2.600 rpm.

Performa mesin itu didukung transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

Baca juga: Great Wall Motor China siapkan pesaing Land Cruiser Prado

All New Land Cruiser juga menggunakan platform TNGA-F (Toyota new global architecture body-on-frame), sistem suspensi Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang, New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension.

Spesial untuk tipe GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang. Sementara tipe VX-R dibekali dengan Torque Sensing LSD di roda belakang.

Fitur
All New Land Cruiser LC300 (ANTARA/HO)


All New Land Cruiser mempertahankan dimensinya, termasuk panjang dan lebar keseluruhan, jarak sumbu roda, serta departure dan approach angles sehingga tidak mengalami kesulitan ketika melewati jalan dengan sudut kemiringan yang variatif.

Terdapat fitur Auto-MTS (Multi Terrain Select) yang mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya.

Sebagai off-roader sekaligus penjelajah jalan raya, SUV kelas premium itu dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 resmi meluncur

Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

All New Land Cruiser turut dibekali Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Mobil berbodi bongsor itu juga telah mengadopsi teknologi konektivitas T Intouch yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA.

Harga All New Land Cruiser:
- VX-R 4x4 A/T Non Premium Color : 2.327.800.000
- VX-R 4x4 A/T Premium Color : 2.330.800.000
- VX-R GR-S 4x4 A/T Non Premium Color : 2.378.800.000
- VX-R GR-S 4x4 A/T Premium Color : 2.381.800.000.

Baca juga: Toyota larang pemilik jual kembali LC300 2022

Lembar spesifikasi singkat
Spesifikasi All New Land Cruiser LC300 (ANTARA/HO)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022