Jakarta (ANTARA News) - Porsche Automobil Holding SE berencana akan menggelar pertemuan penting pemilik saham pada pertengahan Desember untuk menentukan "merger" dengan Volkswagen AG (VW).

VM ingin mengalahkan Toyota Motor Corp sebagai pembuat mobil terbesar di dunia dengan penjualan mobil sebanyak 10 juta setiap tahunnya pada 2018, hal itu tentunya dengan akuisisi agresif, pertumbuhan pasar di negara berkembang dan biaya produksi yang efisien.

Pengambilalihan  perusahaan mobil sport Porsche AG  dan industrinya adalah tujuan strategi VW serta menggandeng  Porsche SE adalah kunci kesuksesan tersebut.

Secara terpisah, CEO Porsche SE dan VW Group Martin Winterkorn mengatakan perusahaan telah siap untuk menghadapi  "pertumbuhan yang tak terduga" lantaran kondisi perekonomian dunia saat ini sangat "menantang," katanya sambil merujuk tentang meningginya harga bahan baku dan utang negara.

Volkswagen di ambang kesuksesan bisnis pada 2011, kata Winterkorn dalam sambutannya untuk rapat  tahunan pemegang saham Porsche di Stuttgart awal pekan ini.
(Adm/A038)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2011