Jakarta (ANTARA News)- Barang-barang seperti tas, pakaian, atau mainan yang terbuat dari bahan dasar hasil daur ulang tampaknya sudah lumrah di keseharian Anda. Tetapi bagaimana jika yang dibuat dari barang-barang bekas itu adalah sebuah mobil?

Nah, di sebuah perkebunan di Enthorpe, Inggris, seorang mantan akuntan asal Driffield mewujudkan mimpi masa mudanya dengan membangun sebuah kendaraan roda empat dari barang-barang bekas.

Stephen Crawford, nama akuntan itu, membuat sebuah mobil berbahan dasar kayu dengan panjang 6,4 meter. Ia terinspirasi dari sebuah mobil balap tahun 1924.

"Kami memutuskan untuk membangun mobil itu dari apa yang tersedia," kata Crawford seperti dikutip BBC.

Menurut Crawford bagian-bagian utama mobil itu memang dibuat dari barang bekas. Badan kendaraan itu misalnya terbuat dari bekas bingkai jendela berbahan kayu mahogany. Sementara lampu depannya dirancang dari pan kue. Ada pun 'wing stays' mobil itu dibuat dari pipa air bekas dari perkebunan itu.

Crawford mengaku ia membuat mobil balap klasik itu untuk mengejar impian masa mudanya. Ketika masih remaja ia pernah melihat sebuah mobil balap Hispano Suiza tahun 1924. Seketika itu ia langsung jatuh cinta dan bertekad untuk membuat versinya sendiri satu hari nanti.

"Saat itu saya masih berusia tahun dan saya melihat mobil itu untuk pertama kalinya di sebuah majalah," cerita Crawford.

"Saya langsung jatuh cinta tetapi pada usia 18 kita  tidak punya waktu, uang, dan kemampuan," ucap pria yang kini telah pensiun dan mengelola rumah peristirahatannya sendiri itu.

"Sekarang setelah saya pensiun, saya punya banyak waktu dan meski mobil ini bukan sebuah tiruan yang tepat, mobil ini terinspirasi oleh mobil balap itu," pungkas Crawford.
(Ber/A038)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011