Jakarta (ANTARA News) - Amerika Serikat mungkin saja terdepan dalam kampanye kendaraan ramah lingkungan, tapi faktanya mobil bertenaga besar masih lebih laku dibandingkan hybrid, bahkan saat harga BBM sedang di puncak.

Menurut USA Today, jumlah penjualan kendaraan kekar yaitu Ford Mustang, Dodge Challenger dan Chevrolet Camaro, masih lebih bagus dibandingkan total penjualan hybrid. Rasionya  19.476 unit banding 17.852 unit. Itu adalah angka penjualan pada bulan lalu di AS seperti dikumpulkan Edmunds.com.

Apakah karena masyarakat AS tidak suka hybrid? tidak juga. Penjualan kendaraan ramah lingkungan jatuh seiring  gempa dan tsunami di Jepang belum lama ini.

Kebanyakan mobil ramah lingkungan berasal dari Jepang (khususnya Toyota serta Honda) dan produksi mereka terganggu oleh bencana tersebut.

Penjualan Toyota Prius, hybrid paling populer, jatuh 51,4% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Penyebabnya adalah pasokan yang tidak cukup.

Ford juga punya hybrid yaitu Fusion dan Escape tapi belum pernah bisa menyamai penjualan Toyota atau Honda. Escape hybrid bulan lalu terjual 1.118 unit sedangkan Escape versi mesin BBM laku 23.140 unit.

Mobil-mobil kekar khas AS juga mulai hemat BBM meski tak kompromi dengan tenaga. Ford Mustang versi mesin  V6 dengan 300 tenaga kuda bisa mencapai 30 mil/galon di jalan tol  (Prius 50 mil/galon).

Tentu saja, ada versi Mustang "sejati", seperti juga Camaro dan Challenger yang semuanya bermesin V8 "penenggak" BBM.
(A038)
 
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011