Jakarta (ANTARA) -
Sepanjang 2021, banyak pabrikan otomotif di Indonesia menghadirkan kendaraan baru guna memberikan ragam pilihan bagi masyarakat. 2021 juga menjadi tahun pemulihan bagi industri otomotif setelah terhantam badai virus corona yang sempat melumpuhkan sektor ini.
 
Lantas, mobil apa saja yang resmi meluncur sepanjang 2021. Berikut rangkumannya.
 
Toyota

​​​​​​Toyota Raize
PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai market leader sepanjang tahun 2021 banyak menghadirkan jajaran kendaraan baru di antaranya adalah Toyota Raize yang kehadirannya sangat ditunggu oleh konsumen Indonesia.
 
SUV lima penumpang ini hadir dalam 6 varian, yaitu Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Baca juga: Ini model Toyota Raize yang paling diburu konsumen
 
All New Avanza
Selain Toyota Raize, PT TAM juga menghadirkan kendaraan yang memang menjadi buruan masyarakat Indonesia, yakni Toyota Avanza dan juga Toyota Veloz yang hadir dengan konsep baru.
 
Tidak hanya menyuguhkan konsep yang lebih kekinian, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang dapat memudahkan konsumen untuk mengendarai kendaraan ini dan juga tampil beda dibanding generasi sebelumnya.
 
All New Avanza hadir dalam empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense)
 
Toyota GR
PT TAM, tidak tanggung-tanggung untuk menghadirkan berbagai kendaraan yang menggendong label Gazoo Racing (GR) mulai dari Rush, Veloz, Agya, Fortuner dan yang menjadi buruan konsumen Indonesia adalah Yaris GR.
 
Hadir dalam jumlah terbatas untuk beberapa varian, semua mobil ini menjadi buruan para pecinta mobil Toyota di Indonesia.

Baca juga: Perjalanan Toyota Gazoo Racing hingga hadir di Indonesia
 
Daihatsu

Rocky
Adik dari Toyota, Daihatsu juga banyak menghadirkan ragam kendaraan baru di 2021. Salah satunya adalah Rocky yang peluncurannya berdekatan dengan Raize milik Toyota.
 
Mobil Daihatsu Rocky 1.2L tipe M M/T dibanderol Rp185,8 juta, tipe M CVT Rp202,2 juta, X M/T Rp198,7 juta, X CVT Rp215,1 juta, ADS M/T Rp206,7 juta, dan ADS CVT Rp223,1 juta.
 
All New Xenia
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Daihatsu All New Xenia dalam gelaran acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, di mana kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini banyak ditunggu oleh para konsumen setianya di Indonesia.
 
All New Xenia ini hadir dengan dua pilihan mesin yang berbeda, yakni mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT yang dapat meningkatkan rasa berkendara yang lebih responsif.

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.000cc lebih laris dari varian 1.200cc
 
Honda

City Hatchback
PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan harga resmi untuk kendaraan yang baru saja diluncurkan pada awal Maret 2021 yang lalu, Honda membanderol Honda City Hatchback mulai dari Rp289 juta on the road Jakarta.
 
Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.
 
City Sedan RS
All New Honda City meluncur berbarengan dengan Honda Civic RS yang diimpor dari Thailand. Honda City generasi ke-5 ini juga hadir dengan berbagai fitur unggulan serta teknologi yang semakin modern.
 
Jika kita melihat lebih dekat sedan empat pintu ini, terlihat kesan yang elegan dan simple. Tampilan yang paling mencolok adalah hadirnya desain gril depan yang terlihat sangat elegan.

Baca juga: Ini target penjualan All New Honda Civic RS dan City dalam setahun
 
Civic RS
PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi ke-11 dari sedan legendaris Civic di Indonesia, hadir dengan emblem RS, tampilan sporty, dan sederet fitur canggih, termasuk teknologi keselamatan Honda SENSING.
 
All New Honda Civic RS mengusung mesin yang telah diperbarui dengan 1.5 liter DOHC VTEC Turbo, menghasilkan tenaga maksimum 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm. Untuk menambah sensasi berkendara terdapat fitur sport mode dan econ mode.
 
All New Honda Civic RS menawarkan empat pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp567 juta on the road Jabodetabek.
 
All New BR-V
Honda Prospect Motor (HPM) baru saja resmi meluncurkan All New Honda BR-V di Indonesia, dengan memasang target penjualan hingga 40.000 unit pada 2022.

Target itu tentu didukung dengan hadirnya fitur dan fungsionalitas yang tinggi dari sebuah kendaraan serta desain yang menambah daya tarik konsumen.

Baca juga: Honda Indonesia mulai produksi All New BR-V untuk pasar lokal & global
 
All New Honda BR-V hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.
 
CR-V Black Edition
Honda Prospect Motor (HPM) juga menghadirkan pembaharuan terhadap Honda CR-V yang memiliki edisi semua hitam yang akan menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin tampil beda dengan yang lain.
 
New Honda CR-V Black Edition merupakan tipe tertinggi dari seluruh jajaran tipe Honda CR-V yang ditawarkan di Indonesia.
 
Mobil ini didukung dengan mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada torsi maksimal 2.000 5.000 rpm dengan tambahan di bagian eksterior berupa Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Baca juga: Honda CR-V Hybrid 2021 hadir di Inggris dengan banyak perubahan
 
Mitsubishi

Pajero Sport
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) juga ikut meramaikan pasar otomotif di 2021 dengan berbagai pilihan produk dan juga penyegeran produk seperti yang dilakukan dengan Pajero Sport mereka.
 
Tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT memiliki Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).
 
Fitur-fitur lainnya yang tersedia pada Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT antara lain Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).
 
Xpander Facelift
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi tempat yang penting bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk meluncurkan New Xpander dan Xpander Cross di pasar Indonesia.

Baca juga: Bedah perbedaan spesifikasi & fitur andalan empat varian Pajero Sport
 
Mitsubishi New Xpander hadir dalam tujuh varian yaitu Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT.
 
New Xpander tipe terendah dibanderol Rp228 juta, sedangkan tipe tertinggi dijual dengan harga Rp272.5 juta.
 
Suzuki

All New Ertiga
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu yang lalu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi menghadirkan kendaraan yang diperbaharui, yakni All New Ertiga.
 
All New Ertiga Suzuki Sport FF menggunakan platform Heartect yang ringan namun kokoh dan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan daya 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.
 
All New Ertiga Suzuki Sport FF tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT) serta hanya memiliki satu pilihan warna yaitu White and Black (two tone). Mobil ini dibanderol Rp258.350.000 untuk varian MT dan Rp 268.150.000 untuk varian AT OTR Jakarta.

Baca juga: Ertiga Sport FF laris, Suzuki catatkan pemesanan 1.221 mobil di GIIAS
 
Wuling

Wuling Almaz RS
Wuling Almaz hadirkan penyegaran terbaru melalui hadirnya teknologi Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), serta didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND) serta dilengkapi dengan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) pada Almaz RS.
 
Untuk urusan dapur pacunya, Almaz RS dibekali dengan mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm.
 
Wuling Almaz RS di Indonesia, dibanderol dari Rp350,3 juta untuk varian Exclusive 7-seat dan Rp354,8 untuk varian Pro, berstatus on the road Jakarta.

Baca juga: Bedah fitur Almaz RS EX, SUV canggih harga mulai Rp350 jutaan
 
Confero
Wuling Motors (Wuling) resmi memberikan penyegaran pada Wuling Confero S untuk lebih bersaing di segmen kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) di pasar Indonesia, dengan harga mulai Rp169,8 juta on the road DKI Jakarta.
 
Mengusung tema "The Real Spacious Family MPV", kendaraan itu mempertahankan kabin lapang yang menjadi andalan, namun ditambah serangkaian pembaruan.
 
New Confero S ditawarkan dalam lima pilihan warna, terdiri dari Carnelian Red, Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Starry Black. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website wuling.id.
 
Kia

Kia Sonet
Kia Sonet Premiere 7 menjadi tipe tertinggi yang ditawarkan. Fitur-fiturnya adalah yang terlengkap, antara lain Head Unit dengan layar sentuh LCD 10,25 inci, yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar melalui multiple Bluetooth connection.
 
Selain itu,terdapat juga Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition, serta Qibla Direction untuk menunjukkan arah kiblat.
 
Kia Sonet 7 Seater hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold.

Baca juga: Kia Sonet 7 Seater resmi meluncur dengan harga mulai dari Rp199 juta
 
Kia Grand Carnival
PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai distributor resmi merek Kia di Indonesia yang juga anak usaha Indomobil Group, resmi meluncurkan mobil segmen high MPV 11 penumpang All New Grand Carnival
 
All New Grand Carnival ditenagai mesin Smartstream R 2,2 liter, CRDi, DOHC, 16V, yang menyemburkan tenaga maksimal 202 PS dan torsi 441 Nm. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.
 
All New Kia Grand Carnival hadir dengan pilihan warna Silky Silver, Flare Red, Aurora Black Pearl, Snow White Pearl dan Astra Blue dan dibanderol Rp886.800.000.
 
Kia Seltos
PT Kreta Indo Artha (KIA) juga menghadirkan KIA Seltos dengan dua varian yang berbeda. Dua varian terbaru tersebut terdiri dari Kia Seltos GT Line 1.4 Turbo GDI yang merupakan top of the line dari jajaran Kia Seltos serta Kia Seltos 1.5 CRDi, satu-satunya SUV kompak bermesin diesel yang ada di Indonesia pada saat ini.
 
Kedua tipe Seltos dibanderol Rp415 juta untuk varian GT Line 1.4 Turbo GDI, serta Rp389 juta untuk Seltos 1.5 CRDi.

Baca juga: Kia Sonet dibanderol di bawah Rp200 juta
 
Hyundai

Santa fe
PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menjadikan 2021 sebagai gerbang untuk Hyundai memasuki pasar otomotif Indonesia. Pada tahun ini tidak sedikit kendaraan Hyundai meluncur, salah satunya adalah Santa Fe.
 
Hyundai New Santa Fe menjadi mobil pertama yang diperkenalkan pada April. Versi penyegaran dari Hyundai Santa Fe unj hadir dalam enam varian yakni Style, Prime dan Signature.
 
Hyundai New Santa Fe hadir dalam dua tipe powertrain yaitu, 2.5L MPi gasoline engine with 6-speed automatic transmission dan 2.2L CRDi turbo diesel engine with 8-speed automatic Dual Clutch Transmission (DCT).
 
Staria
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan kendaraan roda empat segmen multi-purpose vehicle (MPV) premium yakni Hyundai Staria.
 
Staria memiliki dimensi panjang keseluruhan 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 dan wheelbase 3.273 mm. MPV mewah tersebut hadir dengan jendela lebar di sisi kendaraan. Pada bagian belakang, jendela lebar dikelilingi oleh lampu vertikal memanjang.

Baca juga: Hyundai Staria hadir di Indonesia, bagaimana nasib H-1?
 
Staria tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.
 
Creta
Hyundai Motors Indonesia resmi meluncurkan mobil segmen SUV Creta dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
 
Teknologi tersebut memungkinkan Creta mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm. Creta memiliki empat jenis mode berkendara, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.
 
Hyundai Creta tersedia dalam pilihan warna Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Glowing Silver Metallic, Galaxy Blue Pearl, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, Dragon Red Pearl with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof.
 
Nissan

Leaf
PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) meluncurkan sebuah kendaraan listrik yang sudah lama ditunggu oleh banyak konsumen Indonesia, yakni The All-New Nissan LEAF dengan harga mulai dari Rp649 juta on the road Jakarta.
 
Nissan Indonesia akan memberikan sebuah charging portable yang akan bisa membawa rasa aman ketika saat berkendara menggunakan kendaraan The All New Nissan Leaf.

Baca juga: Spesifikasi All New Nissan Leaf Indonesia
 
Renault

Kriger
Perusahaan otomotif Prancis Renault resmi memboyong mobil SUV-nya, Kiger, setelah pertama kali diluncurkan secara global di India pada tanggal 15 Februari tahun ini.
 
SUV ini memiliki mode berkendara multi-sense yaitu normal-mode, eco-mode, dan sport-mode.
 
Dari dapur pacunya, Renault Kiger disokong mesin 1.000cc turbo yang efisien dan tangguh bertenaga 100 PS dan Torsi 152 NM, untuk menanggung curb weight dengan berat 1.037 Kg dan power to weight ratio 0,0964 dengan demikian dapat secara signifikan menambah ketangguhan dan kenyamanan dalam berkendara. Performa mesin juga dilengkapi dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).
 
Renault Kiger akan dibanderol dengan harga Rp278 juta on-the-road (OTR) Jakarta. Namun, sampai akhir bulan September 2021 akan diperkenalkan harga khusus Rp275,9 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Renault Kiger mengaspal di Indonesia, mulai Rp275 jutaan

Baca juga: Spesifikasi All New Nissan Leaf Indonesia

Baca juga: Hyundai tidak siapkan Creta opsi tujuh penumpang
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021