Jakarta  (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor matik (skutik) baru untuk pasar global dengan bagasi yang lebih besar, yaitu "Spacy helm-in," dan Indonesia menjadi negara pertama peluncuran produk tersebut.

"Ini (skutik Spacy) adalah model global yang diproduksi di Indonesia dan China. Produksinya hampir bersamaan di kedua negara tersebut," kata Presdir AHM Yusuke Hori, di Jakarta, Rabu.

Negara lainnya di Asia, lanjut dia, akan menyusul untuk memproduksi skutik baru tersebut pada tahun ini juga. "Indonesia merupakan pasar pertama untuk model dengan konsep baru ini," kata Hori.

Selain di Indonesia dan China, skutik Spacy, lanjut dia, juga diproduksi dan dipasarkan di Eropa, Jepang, Australia, Thailand, dan Vietnam.

Ditambahkan Direktur Pemasaran AHM Kojiro Iguchi, skutik baru tersebut dikembangkan selama dua tahun mulai dari konsep hingga produksi. "Target kami adalah keluarga muda," katanya.

Skutik Spacy memakai mesin yang sama dengan skutik Honda lainnya yang membidik segmen bawah yaitu Beat. Perbedaannya, kata dia, Spacy memiliki desain modern, dengan kapasitas bagasi lebih besar mencapai 18 liter atau cukup untuk bagasi satu helm "full face," dan tangki bensin mencapai lima liter.

"Peningkatan kinerja mesin membuat skutik itu mampu berjalan 205 kilo meter dengan tangki penuh lima liter," tambah Hori. Konsumsi bahan bakarnya sendiri mencapai 41 kilometer per liter. Bahkan dengan kecepatan stabil 50 kilometer per jam, maka konsumsi bahan bakarnya mencapai 67 kilometer per liter.

Di Indonesia, skutik Spacy dipasarkan dengan dengan harga Rp11,75 juta per unit (velg jari-jari) dan Rp12,55 juta per unit (velg racing), dengan target penjualan sebanyak 25.000 unit.

Direktur Pemasaran AHM Auddie A Wiranata memperkirakan pada triwulan II permintaan sepeda motor, terutama di segmen skutik, akan meningkat.

"Kami mengharapkan pada triwulan II permintaan skutik setidaknya sama dengan triwulan I," kata dia.

Pada triwulan I penjualan skutik AHM mencapai 518.136 unit atau menguasai 52,23 persen pasar dengan pertumbuhan sebesar 88 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada April, penjualan skutik Honda mencapai 177 ribu unit atau naik 174 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Pada triwulan I penjualan AHM mencapai 989.862 unit dari total pasar sepeda motor nasional sebesar 1.985.800 unit. Sedangkan pada April penjualan Honda mencapai 370.467 unit.

(R016/S019)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011