London (ANTARA News) - Calon pemecah rekor kendaraan darat tercepat memperkenalkan diri ke publik,  Bloodhound,  tampil di gedung Horse Guard Parade yang berarsiterktur klasik.

Istimewanya, anda juga bisa melihat langsung hingga ke detail rancangannya lewat komputer.

Bloodhound  dirancang untuk memecahkan rekor kecepatan 1.000 mph. Bloodhound SSC akan meluncur dalam uji coba  di landasan pacu Inggris pada awal 2012. Setelah itu,  Bloodhound akan berlaga di Afrika Selatan lalu mencoba memecahkan rekor World Land Speed  pada akhir 2012-2013.

Bloodhound Project disponsori oleh  Institution of Mechanical Engineers di London.

Bloodhound Project adalah prakarsa edukasi internasional fokus pada usaha World Land Speed Record 1.000 mph.

Inti dari proyek itu adalah menginspirasi kaum muda untuk mengejar karir dalam bidang sains, teknologi, mesin dan matematika. Dengan memamerkan prototipe tersebut, diharapkan banyak kaum muda  yang akan tertarik menekuni bidang-bidang tersebut.

Proyek teknologi terdepan sekaliber  ini biasanya tertutup rapat, tapi misi Bloodhound  membagi  petualangan dan data dengan sebanyak mungkin penonton.

Konsekuensinya, gambar rancangan akan didistribusikan ke lebih dari 4.500 sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Inggris. Rancangan itu akan diakses oleh lebih dari 1.5 juta siswa.

Para siswa sekolah dan peminat umum dari 207 negara dapat mengikuti proyek itu.

Gambar rancangan 3D yang bisa diunduh itu adalah hasil dari riset terdepan selam 30 tahun.

Rancangan itu terdiri atas 4.000 komponen  individu, anda bisa mendekonstruksi model CAD selapis demi selapis, memutarnya  pada semua sumbu dan memperbesar atau memperkecil, dengan menggunakan piranti lunak teknik profesional dari Siemens.

Gambar rancangan 3D memungkinkan para peninjau mengeksplorasi teknik  yang memungkinkan Bloodhound menambah kecepatan dari 0-1050 mph  dalam 100 detik dan kekuatannya, termasuk dorongan 47.000 pond dari mesin jet dan roketnya.

Kendaraan supersonik itu akan bertenaga mesin jet yang diposisikan di atas roket hybrid,  kombinasi ini  menghasilkan 135.000 tenaga kuda, setara dengan kekuatan 180 mobil Formula Satu.

Roda berdiameter 900 mm, yang akan dibuat dari logam campuran aluminium, untuk menahan rotasi  10.000 rpm sekaligus mengatasi debu yang datang dari dasar danau.

Rekor kecepatan darat dibuat oleh Andy Green di Thrust SSC tahun 1997 saat mencapai kecepatan puncak 760 mph.

Andy Green  juga akan menjadi pengemudi  Bloodhound dan kembali bekerja sama dengan dua kolega sebelumnya, direktur proyek Richard Noble dan kepala aerodinamika Ron Ayres.
(ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011