Jakarta (ANTARA News) - Ingat serial Knight Rider yang dibintangi David Hasselhof? Itu lho,  pembela kebenaran yang punya mobil canggih dan bisa diajak ngobrol.

Nah, kalau film tahun 80-an itu cuma khayalan, maka 30 tahun kemudian, tepatnya tahun ini,  hal tersebut jadi kenyataan.

Teknologi  "ngobrol" dengan kendaraan itu juga bukan untuk kendaraan termahal karena  akan dipasang pada kendaraan paling laris di Inggris, Ford Focus.

Sync, nama teknologi itu, akan menjawab pertanyaan seperti "di mana POM terdekat?",  "bisa-tidak saya ke toilet?," dan "sudah dekat  atau belum?"

Ford mengemukakan bahwa teknologi tersebut dapat mengenali 10 ribu perintah dalam 19 bahasa. Fungsinya untuk mengendalikan audio, telefon dan  sistem GPS serta memberikan informasi tentang keadaan sekitar.

Pabrikan mobil Ford juga mengatakan Sync bisa mengenali aksen. Tapi, pengeritik teknologi itu mempertanyakan apakah Sync benar-benar bisa mengenali berbagai aksen dan dialek.

Ada kekhawatiran jika pengemudi tak konsen ke jalan jika sedang  berusaha keras agar ucapannya "dikenali" Sync. Perhatian yang teralihkan ketika mengemudi dapat menyebabkan kecelakaan.

Sync dengan versi mengenali 100 kata sudah 3 tahun lalu digunakan di kendaraan Ford Amerika Serikat.

Suara Sync bisa dipilih beberapa macam, salah satunya suara perempuan yang disebut "robotic Cher".

 Sync versi terbaru diperkenalkan pada suatu pameran teknologi di Jerman. Teknologi itu akan dipasang pada Ford Focus mulai tahun depan dengan harga 350 pound.

Ford mengatakan bahwa Sync adalah hasil dari kemitraan bersama Microsoft dan jauh lebih memuaskan dari versi yang beredar saat ini, termasuk yang ada pada BMW dan Mercedes-Benz.

Para pendukung teknologi itu mengatakan bahwa sistem kontrol suara adalah cara paling aman dan yang paling sedikit mengalihkan perhatian pengemudi saat mengakses informasi dari internet, khususnya ketika mencari tahu posisi mereka dan tempat-tempat terdekat.

Lewat sistem itu, suara menggantikan jari ketika memilih lagu dari pemutar MP3. Ford mengatakan bahwa memilih lagu secara manual dapat mengalihkan perhatian pengemudi selama 25 detik atau jarak setengah mil.

Navigasi satelit juga akan dibacakan oleh Sync, dan teknologi itu dapat menerima perintah suara untuk mengatur suhu ataupun membacakan SMS dan pesan masuk.

Kalau perintah dari pengemudi terus menerus tak dikenali, Sync akan merespon dengan ucapan "what can i say" .

Jika terjadi kecelakaan, sistem tersebut otomatis menghubungi layanan darurat terdekat dengan bahasa setempat, asalkan masih di Eropa.
(A038/A038/BRT)

 

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011