London (ANTARA News) - Jaguar Land Rover mulai membuat 2.000 kendaraan  tiap tahun i India, demikian pengumuman perusahaan itu.

Mereka akan mulai produksi Land Rover Freelander 4x4 untuk luar negeri dan para bos India memperjelas bahwa model Land Rover dan Jaguar akan menyusul dibuat di negara itu.

Perusahaan mobil mewah dan sport itu sekarang  dimiliki konglomerat industri raksasa India Tata, yang juga memiliki Corus Steel dan teh Tetley.

Jaguar Land Rover dengan cepat menajdi "permata  mahkota" perusahaan, yang membeli merek itu dengan harga lebih dari 1 miliar poundsterling. Tata juga menginvestasikan dalam jumlah yang sama setiap tahun untuk pengembangan merek tersebut.

Produksi Land Rover Freelander di India dimulai dalam beberapa pekan mendatang di pabrik Tata di Pune, kira-kira empat jam perjalanan dari Mumbai.

Suku cadang yang diproduksi di pabrik di Halewood di Merseyside Inggris akan dikapalkan ke India dalam bentuk knock-down dan dirakit oleh para pekerja India.

Bos-bos perusahaan itu menekankan bahwa keputusan untuk membuat kendaraan itu di India merupakan arah ekspansi, bukan usaha untuk mengekspor pekerjaan ke India dan mengekspoitasi buruh yang lebih murah.
(ENY/A038)

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2011