Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan kendaraan supermewah Rolls-Royce membenarkan bahwa produk mobil listrik mereka segera meluncur.

Rolls-Royce tersebut menggunakan basis tipe Phantom yang harganya 300 ribu pound. Harian Daily Mail menulis bahwa kendaraan itu baterainya dapat diisi ulang menggunakan listrik rumah tangga.

Harganya? kendaraan tanpa emisi ini konon akan dibanderol sekitar 1 juta pound. Dia akan diperkenalkan pada Geneva Motor Show pada awal Maret. Nama sandinya adalah EXP 102, EXP singkatan dari "eksperimental".

Biasanya, Rolls-Royce akan memperkenalkan kendaraan "eksperimental" itu ke seluruh dunia khususnya untuk kaum superkaya. Setelah itu, baru mereka membuka pesanan dan mulai memproduksi.

Sudah dua tahun terakhir ada spekulasi bahwa Rolls-Royce sedang mengerjakan proyek rahasia kendaraan listriknya.

Pabrikan yang bermarkas di Goodwood, Sussex Inggris itu mengatakan "Hari ini Rolls-Royce Motor membenarkan tentang pengembangan dari 102EX, Phantom yang sepenuhnya digerakkan oleh listrik, untuk diperkenalkan pada Geneva Motor Show pada 1 Maret 2011."

102EX akan menjalani tes sepanjang 2011 untuk menghasilkan data riset yang penting untuk pengambilan keputusan mengenai drive-trains alternatif bagi Rolls-Royce Cars.

Chief executive officer Torsten Müller-Ötvös mengemukakan bahwa mereka telah membuat kendaraan baterai listrik pertama di dunia untuk segmen ultra-luxury.
(A038/A038/BRT)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011