Jakarta (ANTARA) - Honda Prospec Motor (HPM) terus meningkatkan kegiatan produksi mereka secara bertahap guna mempercepat pemenuhan permintaan dari konsumen yang sempat tertunda akibat adanya krisis semikonduktor pada Agustus dan September lalu.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengungkapkan bahwa Konsumen Honda sangat luar biasa karena permintaan yang begitu baik terhadap produk-produk Honda masih tetap tinggi di tengah-tengah gangguan krisis semikonduktor yang terjadi.

"Kami juga mohon maaf kepada konsumen yang terpaksa harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan mobil mereka, dan saat ini kami sudah mulai dapat meningkatkan produksi serta mempercepat pengiriman mobil ke diler-diler kami di seluruh Indonesia," kata Yusak Billy dalam siaran persnya Selasa.

Baca juga: Honda siapkan "THR" untuk konsumen baru

"Kami akan berupaya untuk sesegera mungkin memenuhi permintaan konsumen Honda yang sudah melakukan pemesanan dalam 1 sampai 2 bulan ke depan," tambah dia.

Dalam kasus ini, Honda mengalami gangguan produksi terhadap beberapa kendaraan mereka, terutama ialah Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda CR-V. Gangguan terhadap pasokan model-model tersebut juga berdampak terhadap penjualan retail Honda pada bulan September lalu.

Dengan begitu, Honda hanya mencatat penjualan sebanyak 3.362 unit mobil secara ritel sepanjang September 2021. Kontribusi penjualan datang dari Honda City Hatchback RS yang terjual sebanyak 1.053 unit.

Sedangkan Honda Brio terjual sebanyak 1.027unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya sebanyak 811 unit dan Honda Brio RS sebanyak 216 unit.

Honda Honda HR-V 1.5 L pada periode ini terjual sebanyak 690 unit, New Honda CR-V sebanyak 175 unit. Sementara itu, Honda Mobilio terjual sebanyak 127 unit, Honda BR-V sebanyak 125 unit, HR-V 1.8 L sebanyak 63 unit, New Honda Civic Hatchback RS sebanyak 60 unit dan New Honda Odyssey sebanyak 22 unit.

Pada segmen sedan, Honda All New Honda Accord terjual sebanyak 12 unit dan Honda Civic sebanyak 6 unit. Honda City dan Honda Civic Type R masing-masing terjual sebanyak 1 unit.

Secara total, Honda telah membukukan penjualan sebanyak 68.376 unit sejak Januari hingga September 2021, atau naik sebesar 23 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Diskon PPnBM diperpanjang, industri otomotif bersiap genjot produksi

Baca juga: Penjualan mobil Honda turun 16 persen pada bulan lalu

Baca juga: Honda tetap maksimalkan produksi di tengah kelangkaan semikonduktor

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021