Chicago (ANTARA News) - Penjualan mobil Amerika Serikat pada Januari mencatat kenaikan dua digit terutama untuk jenis General Motors (GM), Ford dan Chrysler pada Selasa, suatu pertanda lagi pemulihan kembali industri mobil.

GM, yang merupakan industri pembuat mobil AS terbesar, mengatakan bahwa penjualan naik 22 persen menjadi 178.896 unit pada Januari, didorong oleh penguatan tajam dalam permintaan untuk mobil dan truk, sebagaimana dikutip dari AFP.

Angka tersebut jauh lebih baik ketimbang prediksi analis pada website otomotif Edmunds.com, kenaikan 11 persen.

"Kenaikan itu didorong oleh penjualan eceran yang solid di mana 36 persen lebih tinggi ketimbang penjualan Januari setahun lalu," kata perusahaan itu, yang baru bangkit dari restrukturisasi yang didanai pemerintah di bawah perlindungan kepailitan pada 2009.

"Pengaruh Januari merupakan suatu awal solid bagi kamu untuk tahun ini, bagi industri dan ekonomi AS secara menyeluruh," kata Don Johnson, wakil pimpinan bagian penjualan AS dalam suatu "conference call."

Chrysler mengatakan penjualan naik 23 persen menjadi 70.118 unit pada Januari, kenaikan penjualan bulanan ke 10 berturut-turut pada Januari dibanding Januari 2010.

Perusahaan itu memprediksi bahwa total penjualan industri akan mencapai 12,8 juta unit pada Januari, naik dibanding 12,55 juta pada Desember.

Sementara penjualan untuk Ford naik 13,3 persen menjadi 127.317 unit sesuai dengan ekspektasi. Ford --yang bisa kembali `survive` tanpa bantuan pemerintah dan melipatduakan keuntungannya pada 2010 ke tingkat tertingginya dalam pendapatan tahunan pada satu dasawarsa-- mengatakan penjualan eceran tumbuh 27 persen pada Januari.

"Kami pada awal 2011 dalam suatu posisi kuat --siap untuk memenuhi keinginan para pelanggan di seluruh dunia dengan portfolio penuh berkualitas tinggi, kendaraan hemat bahan bakar," kata Ken Czubay, wakil presiden Ford untuk pemasaran, penjualan dan layanan AS dalam lebih dari satu dasawarsa.
(*)
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011