Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada hari ini menyerahkan bantuan berupa Rp1,1 miliar dan plasma konvalesen kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Donasi Rp1,1 miliar diberikan Toyota Indonesia bersama jaringan rantai pasok mereka. Sedangkan plasma konvalesen diberikan setelah TMMIN menyelenggarakan donor dari karyawan penyintas COVID-19 dengan prosedur screening kelayakan sebagai pendonor plasma konvalesen ​​​​​​.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, merupakan bentuk kepedulian nyata dan solidaritas untuk menyebarkan rasa kemanusiaan dengan turut serta membantu optimalisasi peran PMI mewujudkan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah keterbatasan kondisi pandemi yang harus dihadapi, hingga membantu penanganan bencana alam di berbagai wilayah Indonesia yang disinergikan PMI dan Toyota Indonesia,” kata Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT TMMIN dalam siaran pers, Selasa.

Baca juga: Cegah kluster kawasan industri, TMMIN lanjutkan vaksinasi di Karawang

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) menambahkan, "Toyota Indonesia telah lama bersinergi dengan PMI dalam berbagai aktivitas sosial dan penanganan bencana, termasuk dalam penanggulangan pandemi COVID-19."

Sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) memegang peranan penting dalam menjalankan tugas kemanusiaan, yakni menjamin ketersediaan darah yang aman dan mudah dijangkau, memberikan pelayanan penanggulangan bencana alam, hingga mengatasi krisis kesehatan dan kemanusiaan lainnya.

"Palang Merah Indonesia terus meningkatkan upaya-upaya untuk mengatasi pandemi bersama-sama seluruh masyarakat, pemerintah, dan juga lembaga-lembaga lainnya, termasuk para donor," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M. Jusuf Kalla.

"Kami bangga pada anda semua, kami berterima kasih, karena dengan kerjasama, dengan prinsip 3M dan 3T, juga vaksinasi yang kita luaskan, maka tentu pandemi bisa kita atasi bersama-sama. Mari "bergerak bersama untuk sesama," kata Jusuf Kalla.

Kolaborasi Toyota Indonesia bersama PMI sudah dimulai sejak 2004 melalui penyerahan bantuan bencana alam antara lain ambulans, water truck, perahu karet, paket kemanusiaan, serta donasi lebih dari Rp5 milyar.

Sejak 2020, kolaborasi itu berlanjut dengan penyerahan dua unit Kijang Innova ambulans, 20 unit mobility service paramedis, 44.500 health equipment senilai Rp6 milyar, serta lima unit Toyota Dyna sebagai armada disinfektan.

"Keselamatan dan kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama khususnya di masa pandemi saat ini. Menjadi tanggung jawab kami bersama untuk selalu mendukung Pemerintah melalui PMI dalam usaha meningkatkan angka harapan hidup serta kesembuhan melalui donor darah plasma konvalesen,” ujar Bob Azam Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.

Baca juga: Toyota salurkan 810 tabung oksigen ke 40 rumah sakit di Indonesia

Baca juga: Undip-Toyota Motor Indonesia kerja sama tingkatkan kemampuan mahasiswa

Baca juga: Toyota diperkirakan habiskan 13,5 miliar dolar kembangkan baterai EV

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021