Jakarta (ANTARA) - Audi mengumumkan bahwa pada 13 Agustus ini mereka akan memperkenalkan Audi skysphere concept, mobil sport listrik masa depan yang sudah dilengkapi kemudi otonom, bisa parkir dan isi daya baterai mandiri.

Sebagai mobil masa depan, Audi menjadikan interior di dalamnya sebagai ruang interaktif berkat ekosistem digital yang disematkan.

Untuk memberikan kebebasan maksimal kepada penumpang, konsep skysphere Audi dirancang untuk dua pengalaman berkendara yang berbeda; pengalaman touring yang megah dan pengalaman sport. Ini memanfaatkan detail teknis yang spektakuler--jarak sumbu roda variabel.

Motor listrik dan mekanisme canggih dengan komponen bodi dan rangka yang memungkinkan untuk memvariasikan jarak sumbu roda dan panjang eksterior mobil hingga 250 milimeter. Pada saat yang sama, ground clearance kendaraan disesuaikan 10 milimeter untuk meningkatkan kenyamanan dan dinamika berkendara.

Dengan sentuhan tombol, pengemudi dapat memanfaatkan kebebasan mereka dan memilih pengalaman berkendara, dengan dua mode pilihan yakni "Sport" dan "Grand Touring". Dalam mode “Sports” jarak sumbu roda dikurangi secara otomatis, sedangkan penggerak roda belakang memastikan bahwa kendaraan tetap sangat gesit meskipun dimensinya.

Atau mereka dapat memilih untuk mengemudikan dengan mode "Grand Touring" otonom sambil menikmati langit dan pemandangan, ruang kaki maksimum, dan layanan yang ditawarkan oleh ekosistem digital terintegrasi yang mulus.

Dalam mode ini, roda kemudi dan pedal bergerak ke area yang tidak terlihat; perasaan ruang di mobil konsep membuka kemungkinan yang sama sekali baru untuk convertible yang sporty. Sementara itu, Audi skysphere secara otomatis mengawasi jalan dan lalu lintas dengan sistem sensornya dan mengarahkan penumpang dengan selamat ke tujuan mereka.

Baca juga: New Audi A5 Sportback dijual Rp1,2 miliar di Indonesia

Baca juga: Lamborghini akselerasi komitmen dukung kendaraan listrik

 
Henrik Wenders, Head of Brand and Hildegard Wortmann, Member of the Board of Management Sales and Marketing.


Mirip dengan bagaimana desain interior menawarkan interpretasi kemewahan kontemporer baru, digitalisasi dan ekosistem membuka tingkat kebebasan dan dunia pengalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi penumpang kendaraan.

Audi skysphere, memiliki komponen penggerak listrik di antara gandar depan dan kaca depan, seperti pengisi daya dan konverter DC/DC, ditambah aktuator dan komponen elektronik dan mekanik untuk jarak sumbu roda adaptif.

"Teknologi baru seperti elektrifikasi, digitalisasi, dan pengemudian otonom memberi kami kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang jauh melampaui apa yang ditawarkan oleh roadster saat ini,” kata manajer proyek desain di Audi, Gael Buzyn, dalam pernyataan resmi dikutip Kamis.

Tenaga sebesar 465 kilowatt dan torsi 750 Newton meter terasa ringan dengan roadster yang hanya berbobot sekitar 1.800 kilogram. Distribusi bobot sekitar 60 persen pada poros belakang bertenaga menghasilkan traksi dan akselerasi yang cukup dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam empat detik.

Modul baterai Audi skysphere terutama diposisikan di belakang kabin--konfigurasi ideal untuk pusat gravitasi dan kelincahan kendaraan. Modul lebih lanjut dapat ditemukan di antara kursi di terowongan tengah interior skysphere--posisi lain yang dipilih untuk mendukung dinamika kendaraan.

Kapasitas baterai diharapkan lebih dari 80 kWh, memberikan mobil jangkauan lebih dari 500 kilometer sesuai dengan standar WLTP, setidaknya dalam mode GT ekonomis.

Suspensi aktif Audi skysphere memainkan peran kunci dalam fleksibilitas karakteristik penanganan mobil. Saat meluncur, masing-masing roda dinaikkan atau diturunkan secara selektif untuk mengimbangi ketidakrataan dan undulasi di permukaan jalan-- hasil dari simbiosis antara prediksi digital sistem navigasi dan sistem kontrol dan aktuasi sasis aktif yang canggih.

Audi menyematkan pelek alloy 23 inci yang bergaya aerodinamis, ban 285/30 menghasilkan keseimbangan sempurna antara kesesuaian untuk perjalanan jarak jauh berkat rolling resistance yang minimal dan gaya berkendara yang sporty dan aktif dengan akselerasi longitudinal dan lateral yang tinggi.

Baca juga: Audi RS 5 Coupe versi terbaru siap meluncur di India

Baca juga: Grup Volkswagen prediksi kekurangan chip hingga berbulan-bulan

Baca juga: Audi A6 E-Tron mulai masuk dapur produksi pada 2023

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021